Kompaknya Ahok dan Erick Thohir Soal 'Nenek Lu'
Kiri: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (INDOZONE/Murti Ali Lingga). Kanan: Menteri BUMN, Erick Thohir (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
News

Kompaknya Ahok dan Erick Thohir Soal 'Nenek Lu'

Gambarkan ketegasan.

Kamis, 27 Februari 2020 11:38 WIB 27 Februari 2020, 11:38 WIB

INDOZONE.ID - Erick Thohir menjadi salah satu menteri dalam Kabinet Indonesia Maju yang mendapat sorotan publik, terkait kinerja dan ketegasannya sebagai Menteri BUMN.

Bahkan, tidak sedikit yang menilai gaya Erick mirip dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Misalnya saja, kedua sosok ini tak segan untuk melakukan perombakan pejabat bawahannya, jika dianggap tidak bisa bekerja dengan maksimal. Bahkan, jika diperlukan, baik Ahok maupun Erick menggunakan bahasa 'slengean' untuk menggambarkan ketegasannya.

Jika Ahok tidak segan untuk mencopot kepala dinas, wali kota hingga camat yang dinilai kinerjanya mengecewakan. Erick pun tak segan-segan merombak komisaris dan direksi BUMN, guna meningkatkan kinerja BUMN tersebut.

Soal penggunaan bahasa 'slengean', Erick dan Ahok sama-sama memakai kata 'Nenek Lu'. Erick memakai istilah ini, terkait pengerjaan proyek di dalam negeri oleh BUMN dan swasta.

""BUMN kadang-kadang dipersepsikan hal yang salah, bahwa kita ini pemilik. Ini yang selalu kita betulkan dan sudah bicarakan ke Presiden langsung dan Menkeu bahwa kita ini pengelola. Jadi badan usaha milik negara, bukan badan usaha milik nenek lu, karena itu artinya sudah pribadi," ujar Erick Thohir, Rabu (26/2/2020)

ahok, erick thohir, bumn, apbd
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Basuki Tjahja Purnama (Ahok). (Dok. Kementerian BUMN)

Sementara, Ahok menggunakan istilah 'Nenek Lu', saat memeriksa dokumen RAPBD DKI Jakarta tahun 2015. Pada bagian Program Sosialisasi SK Gubernur DKI Jakarta yang nilainya dicantumkan Rp8,8 triliun, Ahok memberikan coretan dan tulisan 'pemahaman nenek lu'.

Dokumen itu sempat viral dan menjadi perbincangan publik. Bahkan, sempat menjadi pangkal 'perdebatan' antara dirinya dengan DPRD DKI Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Ivanrida
Fauzi

Fauzi

Editor
Ivanrida

Ivanrida

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU