Resmi Luncurkan Mobil Esemka, Jokowi: Ini Karya Anak Bangsa

- Jumat, 6 September 2019 | 14:11 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik mobil PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah. (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik mobil PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah. (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Fasilitas Produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9). Selain itu, Jokowi juga menekan tombol tanda peluncuran produk mobil niaga Esemka jenis pick up Bima 1.200 cc dan Bima 1.300 cc.

Sebelum peresmian, Jokowi berkesempatan meninjau aktivitas produksi mobil Esemka di pabrik tersebut. Dia didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pencetus mobil Esemka Sukiyat, Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya dan sejumlah menteri lainnya.

Jokowi menyebut mobil Esemka ini adalah merek milik Bangsa Indonesia yang sudah dirintis sekitar 10 tahun yang lalu. 

"Ini karya anak bangsa. Dikerjakan para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal. Saya sudah lihat sendiri tadi," kata Jokowi.

Dia berharap masyarakat Indonesia akan membeli karya anak bangsa ini. Meskipun diakui mantan Wali Kota Solo itu, komponen mobil Esemka ini belum sepenuhnya dari dalam negeri.

-
Antara/Aloysius Jarot Nugroho

 

Senada dengan Jokowi, Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya menyebut Esemka hanyalah perusahaan nasional, bukan mobil nasional yang sebelumnya digaungkan beberapa pihak. Dia bersyukur anak bangsa bisa merintis mobil hasil karyanya sendiri.

"Semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya Boyolali," tutur Eddy.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X