Menkes Terawan: 3 WNI Tidak Lolos Pemeriksaan Virus Korona di Wuhan

- Minggu, 2 Februari 2020 | 15:09 WIB
Menteri Kesehatan, Terawan, memberikan keterangan kepada awak media di Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) (ANTARA/Cherman)
Menteri Kesehatan, Terawan, memberikan keterangan kepada awak media di Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) (ANTARA/Cherman)

Sebanyak 7 orang Warga Negara Indonesia yang direncanakan kembali ke Tanah Air pada hari ini, namun ada dua faktor penyebab mereka gagal pulang ke Indonesia menurut data Kementerian Kesehatan

"Ada sebanyak 238 yang datang, menurut data. Nanti saya cek ulang, karena yang mestinya hadir di sini 245 orang," kata Menkes Terawan saat dijumpai di Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) mengutip Antara.

Dari 7 WNI yang gagal pulang, Menkes Terawan jelaskan alasannya. Pertama ada 4 orang menyatakan diri tidak mau pulang karena merasa lebih nyaman di Tiongkok.

"Mereka yang urung berangkat itu telah membuat pernyataan tidak ingin berangkat bersama WNI lainnya ke Tanah Air. Dia lebih kerasan, meskipun kita sudah tawarkan semua," kata Menkes Terawan.

Lalu sisanya 3 orang dinyatakan tidak lolos pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pemerintah Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok, lanjut Menkes Terawan, melakukan tiga rangkai tahapan pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui WNI untuk dapat meninggalkan Tiongkok dan pulang ke Indonesia.

"Itu yang membuat kita merasa nyaman, bahwa yang berangkat ke sini sudah dipastikan pemerintah Tiongkok adalah orang sehat," kata dia.

Namun, sesuai peraturan, maka setelah mendarat di Indonesia, Kementerian Kesehatan harus memastikan kembali.

"Setelah mendarat di sini, saya yang memastikan sehat betul atau tidak, standar sama atau tidak, itu kegiatan cek dan ricek sesuai standar WHO saja," pungkas Menkes Terawan.

 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X