Ini Penyebab dan Solusi Knalpot Sering Nembak

- Rabu, 11 Maret 2020 | 21:08 WIB
Ilustrasi knalpot. (Envatoelements/mblach)
Ilustrasi knalpot. (Envatoelements/mblach)

Knalpot merupakan komponen motor yang penting sebagai alat untuk membuang gas emisi hasil pembakaran mesin. Selain itu ia juga bertugas untuk meredam suara bising yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin.

Sering kita temua ada motor yang mengeluarkan suara layaknya tembakan dari exhaustnya itu. Hal ini tentu menggangu pemotor maupun pengguna motor lain. Apalagi pada saat terjadi kemacetan. Lalu apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

Teknisi bengkel Yamaha Saka Motor, Aris Setiawan mengatakan efek suara tembakan dari knalpot terjadi karena kurang optimalnya campuran pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen. Sering orang menyebutnya dengan setingan yang terlalu kering.

"Biasanya efek tembakan atau ledakan dari dalam knalpot yang berisik itu karena pembakaran yang tidak sempurna. Untuk itu, mekanik harus mengatur campuran antara bahan bakar dengan oksigen sehingga memberikan pembakaran yang pas," kata Aris pada Indozone, Rabu (11/3/2020)

Ia melanjutkan untuk menyetel pembakaran itu, perlu dilihat jenis motor yang ditangani itu adalah motor yang masih karburator atau sudah berteknologi injeksi seperti motor yang beredar saat ini.

"Untuk motor berteknologi lama yang pakai karburator dapat menyetingnya dengan cara manual di karburatornya. Untuk motor yang sudah injeksi harus ke bengkel resmi terdekat yang memiliki alat diagnostic tool untuk maping lagi," tukasnya.

Penyebab lainnya bisa jadi karena knalpot mengalami kebocoran yang tidak kelihatan. Karena itu perlu pengecekan menyeluruh pada motor. Umumnya yang menyebabkan motor sering mengeluarkan bunyi tembkan karena ada bocor juga pada bagian leher atau muffler-nya

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X