Dompet Dhuafa dan Nobu Bank Ajak Perbankan Dukung Dunia Filantropi

- Senin, 9 Maret 2020 | 16:16 WIB
Penandatanganan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan Nobu Bank, di Bakoel Coffe Jakarta, Senin (9/3/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)
Penandatanganan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan Nobu Bank, di Bakoel Coffe Jakarta, Senin (9/3/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Perkembangan dunia teknologi semakin maju, terutama pola transaksi perbankan yang melibatkan masyarakat luas. Saat ini bertransaksi tanpa batas waktu maupun tempat bisa dilakukan melalui genggaman tangan. 

Peran penting perbankan di kehidupan masyarakat dapat mendukung dunia filantropi (cinta kasih kepada sesama), menjadi penggerak dalam menggali potensi dana zakat yang sangat besar di Indonesia. Pada 2019, Badan Amil Zakat Nasional mencatat potensi zakat sebesar Rp233 triliun di Indonesia. 

Sayangnya, potensi besar tersebut belum terkelola baik. Masih banyak masyarakat yang belum sadar akan kewajiban berzakat, atau menyalurkannya melalui lembaga yang kompeten dan profesional, salah satunya adalah Dompet Dhuafa

"Padahal, penyaluran dana zakat atau donasi lainnya melalui lembaga adalah salah satu ikhtiar memberantas kemiskinan karena dikelola dengan konsep yang elegan dan memberikan kebermanfaatan dalam jangka panjang, tidak putus pada saat donasi itu diberikan saja”, ujar Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, di Jakarta, Senin (9/3/2020). 

Nobu Bank kemudian berinisiatif menggandeng Dompet Dhuafa menjadi institusi perbankan, yang membantu memberikan layanan kemudahan kepada masyarkat Indonesia dalam menyalurkan donasinya (zakat, infak, wakaf) melalui fitur-fitur yang dimiliki. 

"Jadi kita gak perlu repot lagi untuk berderma. Cukup menikmati fitur yang kami miliki, maka donasi pun dapat tersalurkan tepat sasaran," tuturnya. 

-
Penandatanganan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan Nobu Bank, disaksikan oleh Perwakilan Bank Indonesia untuk penyediaan layanan zakat dengan QRIS code di Bakoel Coffe Jakarta, Senin (9/3/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Perbankan di dunia filantropi memiliki peran yang sangat strategis, khususnya dalam mendukung penghimpunan dana. Dengan kecanggihan teknologi, lembaga filantropi seperti Dompet Dhuafa sangat terbantu dengan adanya channel yang dimiliki perbankan. 

“Di Dompet Dhuafa, transaksi donasi melalui kanal perbankan bisa mencapai 80%. Ini menandakan masyarakat Indonesia sangat terbantu oleh pihak perbankan dalam mendermakan hartanya," kata Yuli. 

Sementara ini, Nobu Bank dalam proses pengembangan sistem e-channel, di mana dalam waktu dekat bakal dilakukan life production. Masyarakat akan sangat dimanjakan dengan adanya fitur pembayaran zakat pada menu ATM Nobu Bank.

Nobu Bank juga menyediakan 1.500 QRIS untuk disebar ke mitra rekanan dan tempat strategis lainnya, guna dijadikan sebuah metode pembayaran Zakat/Infak/Wakaf ke Dompet Dhuafa. 

"Insya Allah ke depannya akan dikembangkan lagi dengan fitur-fitur layanan kemudahan lainnya," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X