Hujan Angin Disertai Petir Berpotensi Terjadi hingga Pekan Depan

- Kamis, 2 Januari 2020 | 10:34 WIB
Ilustrasi hujan petir dan angin. (Pexels)
Ilustrasi hujan petir dan angin. (Pexels)

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem, yakni curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi hingga sepekan ke depan, atau Selasa (7/1). 

Deputi Metereologi BMKG, Mulyono R. Prabowo mengatakan, pihaknya telah memantau indikasi peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan. 

Mulyono menilai kondisi itu dipicu adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal, yaitu aktifnya Monsun Asia (angin yang berhembus secara periodik minimal 3 bulan) yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia. 

"Juga terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah, suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat," kata Mulyono dalam siaran persnya. 

Mulyana melanjutkan, kondisi itu menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan, serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

BMKG pun memprakirakan dalam sepekan ke depan, potensi cuaca ekstrem, hingga hujan petir dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah berikut ini:

  • Periode 01 – 04 Januari 2020: Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan  Papua.
  • Periode 05 – 07 Januari 2020: Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

“BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” pungkas Mulyono.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui laman www.bmkg.go.id. Publik juga bisa memantau aktivitas cuaca lewat media sosial @infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X