Paska Erupsi Gunung Merapi, Bandara Adi Soemarmo Dibuka Kembali

- Selasa, 3 Maret 2020 | 20:43 WIB
Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. (bumn.go.id)
Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. (bumn.go.id)

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan melaporkan, Banda Udara Adi Soemarmo, Solo yang sempat ditutup sejak pukul 09.25 WIB akibat terjadinya erupsi gunung Merapi, saat ini telah dibuka dan beroperasi normal kembali. 

"Bandara Adi Soemarmo sudah kembali beroperasi secara normal. Namun, kami tetap memantau perkembangan yang ada, dengan melakukan koordinasi dengan AirNav maupun BMKG, untuk memastikan penerbangan tidak terkendala,” ujar Direktur Jendral Perhubungan Udara, Novie Riyanto, saat dikonfirmasi Indozone, Selasa (3/3/2020). 

Novie mengatakan, melalui Notam Aerodrome yang dikeluarkan oleh AirNav Indonesia, penerbangan di Bandara Adi Soemarmo telah dinyatakan dapat kembali beroperasi dengan normal pada pukul 15.38 WIB.

"Kami akan terus memantau seluruh aktivitas penerbangan di wilayah Gunung Merapi. Aspek keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan hal yang paling utama," tuturnya 

Untuk diketahui, sebelumnya, berdasarkan Ashtam VAWR 9293, aktivitas erupsi Gunung Merapi menunjukan level Red atau Awas dan melalui Notam Aerodrome Closed, menjelaskan bahwa Bandar Udara Adi Soemarmo ditutup untuk sementara waktu dikarenakan terdampak oleh erupsi Gunung Merapi.

Selanjutnya, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BMKG, aktivitas Gunung Merapi menunjukan amplitudo sebesar 75mm dengan durasi 450 detik dengan kolom letusan setinggi +- 6.000m dan pergerakan abu vulkanik 15 knot ke arah timur dan 10 knot ke arah barat daya. Melalui Notam Aerodrome terakhir yang dikeluarkan oleh AirNav Indonesia, Bandar Udara Adi Soemarmo sudah dapat beroperasi normal kembali. 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X