136 Orang Diduga Terinfeksi Virus Corona, Ini Faktanya

- Sabtu, 29 Februari 2020 | 19:25 WIB
Ilustrasi: Tentara Korsel pakai baju pengaman di Stasiun Daegu (Yonhap via REUTERS)
Ilustrasi: Tentara Korsel pakai baju pengaman di Stasiun Daegu (Yonhap via REUTERS)

Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia (PDEI) menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada warga di Indonesia yang dinyatakan positif terkena virus corona atau COVID-19.

"Sampai sekarang tidak ada," kata Ketua PDEI Dr. Mohammad Adib Khumaidi dalam acara talkshow untuk media mengenai update Korona di Indonesia di Jakarta, Sabtu (29/2/2020).

Pernyataan ini untuk menanggapi kabar beredar yang menyebutkan ada 136 orang di Indonesia yang diduga terinfeksi virus COVID-19.

"Tadi saya dapat kiriman terkait hal itu. Belum ada yang sampai sekarang terkonfirmasi positif dan itu berdasarkan hasil pemeriksaan," katanya.

Informasi yang beredar tersebut berasal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dikeluarkan pada 27 Februari.

Laporan itu mencatat pemeriksaan 136 pasien yang diduga terinfeksi virus COVID-19. Para pasien ini tersebar di 44 rumah sakit di 22 provinsi.

Di antaranya adalah di DKI Jakarta sebanyak 35 orang, Bali 21 orang, Jawa Tengah 13 orang, Kepri 11 orang, Jawa Barat sembilan orang, Jawa Timur 10 orang dan Banten sebanyak lima orang.

Namun, pasien dalam pengawasan bukan artinya telah positif terjangkit virus corona.

Terhadap orang-orang yang melaporkan diri atas kekhawatiran terjangkit atau diduga terkena virus corona, petugas medis telah melakukan sejumlah pemeriksaan.

Di antaranya dengan memeriksa riwayat kontaknya dengan orang-orang yang diduga bepergian ke daerah endemik.

"Dari situ kemudian kalau dia datang ke fasilitas kesehatan dengan keluhan, maka kemudian kita perlakukan seperti halnya terhadap suspect corona," katanya.

"Tapi yang menyatakan dia positif atau negatif adalah melalui pemeriksaan laboratorium, yang itu dari hasil laporan yang didapat Kemenkes sampai saat ini. Hasil Balitbangkes terkait pemeriksaan itu negatif," katanya lebih lanjut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X