Sempat Diprotes Sarinah Tutup, Kini Wajah Barunya Bikin UMKM Naik Kelas

- Selasa, 19 April 2022 | 10:18 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan BUMN siap berinvestasi kepada merek-merek lokal agar merek tersebut bisa naik kelas.

Pihaknya melakukan investasi kepada brand-brand lokal karena produk dalam ecommerce tidak semuanya merupakan produk asing.

"Kita juga siap ada investasi kepada merek-merek lokal agar brand-brand tersebut bisa naik kelas. Karena itu kemarin bapak Presiden RI Joko Widodo menekankan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lokal sampai dengan 40 persen," kata Erick Thohir.

Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan Sarinah sebagai etalase bagi produk-produk karya anak bangsa.

"Kita juga sudah membuat etalase bagi brand-brand lokal yakni Sarinah. Sarinah yang dulu merupakan sejarah hampir terlupakan, sekarang kita bangunkan dari tidur di mana Sarinah sebagai etalase bagi produk-produk lokal," katanya.

Menurut dia, ini yang namanya ekosistem di mana ekosistem bisa terjadi kalau semua pemangku kepentingan, pengambil kebijakan, dan tentu generasi muda mengambil perannya.

"Kita punya hal yang sudah kita miliki yakni gotong royong. Kita sudah punya fondasi itu, jadi bukan fondasi atau kepercayaan baru. Kita sudah memilikinya dalam budaya kita," kata Menteri BUMN.

Sebelumnya Menteri BUMN tersebut berkata pihaknya meluncurkan Sembrani Fund supaya merek-merek lokal ini ada yang berinvestasi. Selain  Merah Putih Fund yang investasi di startup-startup dan Sarinah akan membuatkan etalase bagi merek-merek lokal tersebut.

Erick berharap ini menjadi ekosistem, karena tidak mungkin merek-merek lokal karya anak muda Indonesia bisa berjalan dengan sendiri-sendiri. Justru dengan bergabung menjadi satu kesatuan ekosistem maka bisa mendorong  brand lokal Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X