The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nadiem Makarim Sebut Model Pembelajaran Dengarkan  Ceramah Sudah Tidak Zaman
Nadiem Makarim. (ANTARA/Galih Pradipta)
News

Nadiem Makarim Sebut Model Pembelajaran Dengarkan Ceramah Sudah Tidak Zaman

Sabtu, 11 September 2021 17:03 WIB 11 September 2021, 17:03 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim sebut model pembelajaran siswa yang hanya mendengarkan tenaga pengajar memberi penjelasan di kelas, sudah tak istimewa lagi.

"Sudah tidak zaman lagi kita masuk ke dalam situasi dan kembali ke sekolah tatap muka, cuma agar adik-adik kita masuk kelas, mendengarkan ceramah dan setelah itu diakhir semester dia dites," katanya, Sabtu (11/9).

"Itu bukan pembelajaran yang kita maksudkan di abad ke-21. Itu bukan yang dimaksud dalam merdeka belajar," sambungnya.

Nadiem menyebut, saat ini teknologi menjadi peranan yang penting dalam berbagai sektor termasuk pendidikan.

"Kenapa tidak bisa konten-konten tersebut, ceramah ceramah tersebut, itu semuanya dipaparkan secara online, sehingga mahasiswa pada saat masuk tatap muka, bisa fokuskan waktu tersebut untuk diskusi, untuk berdebat, mengerjakan projek bersama, melakukan presentasi dan mendapatkan feedback dari teman-temannya," katanya.

Saat pandemi melanda, banyak ketertinggalan yang turut melanda dunia pendidikan. Maka dari itu, Nadiem menginginkan pendidikan turut dibangun dengan sistem pembelajaran hybrid yang didukung dengan infrastruktur memadai.

"Transformasi pendidikan tinggi untuk pembelajaran yang lebih bermakna di masa depan memang harus melibatkan teknologi, oleh karena itu saya mengapresiasi inisiatif Unpad untuk membangun kampus hybrid sebagai lompatan kita bangkit dari situasi ini," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US