Hari Ini, Polda Metro Bakal Periksa Kalapas Tangerang Terkait Kasus Kebakaran

- Senin, 13 September 2021 | 08:33 WIB
Sejumlah keluarga korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang antre pendataan ante mortem di RS Polri Kramat Jati di Jakarta, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.)
Sejumlah keluarga korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang antre pendataan ante mortem di RS Polri Kramat Jati di Jakarta, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.)

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya hari ini mengagendakan akan memeriksa Kepala Lapas (Kalapas) Klas I Tangerang, Banten, Victor Teguh Prihartono. Pemeriksaan ini berkaitan dengan kasus kebakaran Lapas tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. Kombes Ramadhan menyebut Kalapas bakal diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait kasus ini.

Baca Juga: Keluarga Korban Kebakaran Lapas Tangerang Dapat Santunan Rp30 Juta, LBH: Minimal Rp50 Juta

"Pemeriksaan sebagai saksi dilaksanakan pada hari Senin, 13 September 2021 di Polda Metro Jaya," kata Kombes Ramadhan kepada wartawan, Senin (13/9/2021).

Selain Kalapas, Kombes Ramadhan juga menyebut ada 13 saksi lainnya yang juga dijadwalkan diperiksa oleh penyidik pada hari ini. Belasan saksi tersebut antara lain pegawai Lapas Klas I Tangerang.

"Surat panggilan sebagai saksi ditujukan kepada 14 orang pegawai lapas yang melaksanakan piket pada hari itu, termasuk Kepala Lapas," beber Ramadhan.

Sekedar informasi, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten ludes terbakar pada Rabu, 8 September 2021 dini hari. Tercatat, ada sebanyak 44 orang yang tewas akibat insiden ini.

Selain korban jiwa, ada puluhan penghuni Lapas yang mendapatkan luka-luka akibat kebakaran tersebut. Pihak kepolisian sendiri sudah menaikkan status kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan yang artinya polisi menemukan unsur pidana dalam kasus ini.

Sedangkan Tim DVI Polri sendiri saat ini masih berusaha mengidentifikasi puluhan korban jiwa tersebut. Berikut daftar korban yang sudah berhasil diidentifikas:

1. Rudhi alias Cangak bin Ong Eng Cue (43)
2. Dian Adi Priyana bin Kholil (44)
3. Kusnadi bin Rauf (44)
4. Bustanil Arifin bin Arwani (50)
5. Alfin bin Marsum (23)
6. Mat Idris bin Abdrismon (29)
7. Ferdian Perdana bin Sukriadi (28)
8. Hadi Wijoyo bin Sri Tunjung Pamungkas (39)
9. Pujiyono als Destro bin Mundori (28)
10. Rocky Purmanna bin Syafrizal Sani (28).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X