Dukung Ivermectin, Puan: Kita Butuh yang Murah dan Bisa Diproduksi Massal

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 15:18 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (photo/Instagram/@pdip)
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (photo/Instagram/@pdip)

Ketua DPR RI, Puan Maharani mendukung pelaksaan uji klinik terhadap obat-obat terapi Covid-19, termasuk Ivermectin.

"Kita dukung proses ini karena bagian dari ikhtiar penanganan pandemi. Namun kita harus tetap patuh dan tunduk pada prosedur ilmiah melalui proses uji klinik," ujar Puan di Jakarta, Jumat (9/7).

Sebelumnya, BPOM menyatakan dokter bisa memberikan Ivermectin kepada masyarakat yang membutuhkan, namun dengan memerhatikan penggunaannya sesuai dengan protokol uji klinik yang disetujui.

Saat ini, uji klinik terhadap Ivermectin tengah dilakukan di 8 Rumah Sakit di Jakarta, termasuk di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

"Saya mendapat laporan bahwa BPOM mengizinkan dokter memberikan obat itu kepada masyarakat yang membutuhkan, asal penggunaannya sesuai protokol uji klinik yang disetujui. Ini kabar yang menggembirakan," ujarnya.

Puan meminta masyarakat untuk sabar menunggu hasil uji klinik dan terus mengikuti petunjuk pihak berwenang terkait penggunaan Ivermectin. Ia juga meminta agar tak ada pihak yang menjadikan isu Ivermectin untuk kepentingan bisnis.

"Kita memang sedang membutuhkan obat terapi Covid-19 yang murah dan bisa diproduksi massal. Tapi penggunaannya juga harus dipastikan aman," pungkasnya.

Sampai saat ini, Kemenkes di bawah pengawasan BPOM masih melakukan uji klinik terhadap Ivermectin untuk terapi pasien Covid-19. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X