Selain Rumah Dilempar Benda Diduga Bom, Veronica Koman Juga Diteror dengan Bangkai Ayam

- Senin, 8 November 2021 | 17:18 WIB
Veronica Koman, aktivis HAM. (Facebook/Veronica Koman)
Veronica Koman, aktivis HAM. (Facebook/Veronica Koman)

Sebuah benda diduga bom meledak di depan rumah orang tua dari aktivis HAM Papua, Veronica Koman, di Jelambar Baru, Grogol, Jakarta Barat, Minggu (7/11/2021).

Ledakan bom tersebut diduga bersangkut paut dengan sikap dan tindakan Veronica Koman atas isu kelompok separatis Papua, atau yang dalam istilah pemerintah RI disebut Kelompok Kriminal Papua (KKB).

Seperti diketahui, Veronica dikenal getol membela kemerdekaan Papua. 

Dugaan tersebut diperkuat dengan adanya bukti berupa pesan tertulis yang ditemukan oleh Densus 88 Antiteror di garasi rumah orang tua Veronica.

Pesan tertulis itu ditulis di kertas yang telah dilaminating, berisi ancaman terhadap keluarga Veronica. Pesan itu disampaikan oleh kelompok yang mengatasnamakan 'Laskar Militan Pembela Tanah Air'.

"WARNING!!! IF THE POLICE AND APARAT DALAM MAUPUN LUAR NEGERI TIDAK BISA MENANGKAP VERONIKA KUMAN@HERO PECUNDANG DAN PENGECUT, KAMI TERPANGGIL BUMI HANGUSKAN DIMANAPUN BERSEMBUNYI. MAUPUN GEROMBOLAN PELINDUNGMU"

Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Pol Aswin Siregar kepada wartawan, Senin (8/11/2021), mengatakan, pelemparan benda diduga bom tersebut diduga sebagai ancaman terhadap penghuni rumah.

"Diperkirakan merupakan bentuk ancaman terhadap penghuni rumah terkait tindakan-tindakan Veronica Koman," kata Aswin.

Diduga Dilempar 2 Orang Bermotor

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, pelaku yang melemparkan benda tersebut diduga dua orang, mengendarai sepeda motor, dengan ciri-ciri pakaian menyerupai driver ojek online.

"Sementara dugaan kuat adalah petasan," kata Ady.

Hanya saja, polisi belum memastikan benda yang meledak itu bom atau benda lain.

Ada Paket Bangkai Ayam

Sementara itu, menurut  aktivis HAM Papua Itu Kita, Michael Himan, selain terjadi ledakan pada sekitar pukul 10.45 WIB, di rumah orang tua Koman juga ada paket berisi bangkai ayam yang ditaruh oleh dua orang bermotor tersebut.

Paket berisi bangkai ayam itu juga disertai tulisan-tulisan ancaman yang dialamatkan kepada Veronica.

"Barangsiapa yang menyembunyikan Veronica Koman akan bernasib sama dengan bangkai ini," demikian tulisan di paket berisi bangkai ayam itu.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X