Peringati Hari Pahlawan, Anies Kenang Sosok Pahlawan Betawi MH Thamrin 

- Rabu, 10 November 2021 | 11:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Pahlawan di Balai Kota DKI, Rabu (10/11/2021). (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati Hari Pahlawan di Balai Kota DKI, Rabu (10/11/2021). (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November. Dalam peringatan ini, ia mengenang sosok Muhammad Husni (MH) Thamrin yang merupakan tokoh dari Betawi

Hal tersebut diungkapkan Anies setelah mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan yang diadakan di halaman Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021). 

"Muhammad Husni Thamrin seorang pahlawan asal Betawi yang hidupnya dihibahkan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Betawi di masa itu dan untuk ikhtiar Indonesia merdeka," ucapnya. 

Anies pun meminta masyarakat turut meneladani MH Thamrin dan sosok pahlawan lainnya yang sudah berjuang demi kepentingan bangsa. 

"Kita mengenal Husni Thamrin menjadi nama sebuah jalan paling utama di pusat kota Jakarta. Kami mengajak semuanya untuk mengambil keteladanan dari para pahlawan," ungkap Anies.

BACA JUGA: Hari Pahlawan, Jokowi: Krisis, Resisi, dan Pandemi Bisa Kita Lalui Berkat Para Pejuang

Anies juga menyebutkan sempat menyambangi makam MH Thamrin di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Hal itu dilakukannya sebelum mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan. 

"Insya Allah ini akan jadi tradisi baru bahwa setiap tanggal 10 November ada kegiatan ziarah di TPU Karet Bivak, di sanalah Muhammad Husni Thamrin dimakamkan," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X