The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sandiaga Uno Sebut Industri Ekonomi Kreatif Indonesia Sangat Berkontribusi Bagi Ekonomi
Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di IdeaFest 2021. (Dok. IdeaFest 2021)
News

Sandiaga Uno Sebut Industri Ekonomi Kreatif Indonesia Sangat Berkontribusi Bagi Ekonomi

Melejit.

Minggu, 28 November 2021 12:08 WIB 28 November 2021, 12:08 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, bahwa sekarang ini industri ekonomi kreatif memberikan banyak kontribusi perkembangan ekonomi bangsa Indonesia.

Sandiaga berkata, dahulu sektor yang paling banyak memberikan dampak positif bagi ekonomi bangsa adalah dari sektor sumber daya alam seperti batubara, minyak kelapa sawit dan gas bumi, namun sekarang ekonomi kreatif melejit memberikan kontribusi.

"Tapi ternyata ekonomi kreatif yang memberikan kontribusi yang banyak," kata Sandiaga dalam acara Ideafest 2021, Minggu (28/11/2021).

Sandiaga melanjutkan, dengan bertumbuhnya ekonomi kreatif adalah menjadi sebuah sumber daya baru. Dia berujar jika ekonomi kreatif berbasis kepada hak kekayaan intelektual dan kebanyakan dikomandoi oleh generasi milenial atau generasi Z.

"Kalo kita lihat kontribusi ekonomi kreatif meningkat, dan ini adalah sumber daya baru. Ekonomi kreatif berbasis hak kekayaan intelektual dan juiga mendorong nilai tambah. Lokomotifnya siapa? Anak muda. Demografinya siapa? Milenial atau generasi Z," tegas Sandi.

Dia pun mencontohkan salah satu ekonomi kreatif yang tumbuh adalah RANS Entertaiment yang dimiliki oleh selebriti ternama yaitu Raffi Ahmad. Menurutnya RANS Entertaiment sekarang ini bisa dikatakan menjadi jajaran perusahaan besar.

"Jadi kalau kita lihat ini adalah yang sangat fundamental dan kekayaan intelektual yang menjadi daya dorong utama untuk kedekatan ekonomi," bebernya.

BACA JUGA: Sandiaga: PPKM Level 3 Tak Larang Aktivitas Usaha

Lebih lanjut Sandiaga menyebut jika industri ekonomi kreatif Indonesia berada di posisi ketiga dunia. Sementara di tempat pertama ada Amerika Serikat dan kedua Korea Selatan.

"Secara presentasi Indonesia sudah berada di posisi ketiga, nah inilah di tengah-tengah pandemi dan tantangan ekonomi kita harus menentukan masa depan dari ekonimi kreatif kita. Jadi masa depan ekonomi kreatif kita akan menjadi 8 kali besar dari tahun lalu," tandasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US