The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hindari Kecurigaan Publik, DPR Minta KPK Transparan soal Tes Alih Status Kepegawaian
Gedung KPK (Istimewa).
News

Hindari Kecurigaan Publik, DPR Minta KPK Transparan soal Tes Alih Status Kepegawaian

Menghindari kecurigaan

Selasa, 04 Mei 2021 18:24 WIB 04 Mei 2021, 18:24 WIB

INDOZONE.ID - Kabar tidak lolosnya beberapa pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) mendapat sorotan dari anggota Dewan.

Anggota Komisi III DPR Fraksi PPP Arsul Sani mengatakan, pihaknya bakal meminta KPK serta instansi terkait semisal BKN dan Kementerian PAN RB dapat memberikan penjelasan kepada publik mengenai proses tersebut.

“Instansi terkait dengan proses alih status pegawai KPK seperti BKN dan Kemenpan RB untuk menjelaskan kepasa publik mengenai seluruh proses, tahapan dan sistem penliaian atau evaluasi yang diterapkan,” kata Arsul kepada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Arsul menilai penjelasan tersebut menjadi penting guna menghindari kecurigaan publik atas proses alih status pegawai KPK yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Novel Baswedan Dikabarkan Dipecat, Denny Siregar Tuduh di KPK Ada Kelompok Taliban

"Berkembangnya kecurigaan publik terhadap proses alih status pegawai KPK menjadi ASN ini menurut hemat saya karena kurangnya transparansi kepada publik atas keseluruhan proses yang dilakukan," tegasnya.

Selain itu, kata Arsul, persoalan yang menyangkut lembaga antirasuah ini selalu menarik perhatian publik. 

"Sehingga ketiadaan transparansi atau penjelasan yang memadai di ruang publik akan memberi ruang untuk berkembangnya prasangka-prasangka negatif atau suudzon terhadap bukan saja KPK tapi juga pemerintahan Presiden Jokowi," tutup Arsul.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, beredar kabar sejumlah pegawai lembaga antirasuah tidak lulus tes peralihan pegawai ke ASN. Nama tersebut terdiri dari sejumlah penyidik dan Kasatgas. 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui sudah menerima hasil asesmen tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Adapun tes itu merupakan bagian proses alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US