5 WNI Jadi Fasilitator Keuangan ISIS, DPR Desak Pengumpul Dananya juga Dibongkar

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:20 WIB
Bendera ISIS. (REUTERS/Ali Hashisho)
Bendera ISIS. (REUTERS/Ali Hashisho)

Anggota Komisi I DPR RI M. Farhan mengaku prihatin adanya Warga Negara Indonesia (WNI) yang aktif terlibat secara aktif dalam pendanaan jaringan terorisme internasional. Diketahui ada 5 WNI yang menjadi fasilitator keuangan ISIS.

"Tentu saja kami sangat prihatin bahwa ada WNI yang secara aktif terlibat dalam pendanaan jaringan terorisme internasional," kata Farhan kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Hanya saja, Politisi Partai NasDem ini melihat 5 orang WNI ini hanyalah pion kecil dari jaringan sebenarnya yang lebih luas lagi. Untuk itu dia mendesak agaar aparat penegak hukum yang khusus menangani teroris bisa mengungkap juga aktor intelektual pengelola dana terorisme di Indonesia.

Baca Juga: Kutuk Tentara Israel Penembak Jurnalis Al Jazeera, DPR: Ini Tindakan Brutal!

"Lima WNI tersebut hanyalah pion kecil dalam peraturan Global yang mengelola keuangan untuk teroris, jadi saya pun sangat berharap otoritas penegak hukum (khususnya counter terorism) di Indonesia, bisa mengungkap juga aktor intelektual pengelola dana terorisme di Indonesia," tegas Farhan.

Ditekankan Farhan dengan cara fokus kepada pengembangan jaringan dari 5 WNI itu, ada kemungkinan mereka bagian dari sebuah jaringan yang lebih besar. Tapi uangnya yang mereka gunakan nilainya masih sangat kecil.

"Sangat kecil jika dibandingkan dengan nilai peredaran uang terorisme internasional," tuturnya.

Untuk itu dia harap kewajiban Counter ISIS Finance Group untuk mengungkap siapa sebenarnya pengelola keuangan bersekala global yang digunakan guna membiayai jaringan tersebut.

"Maka menjadi kewajiban Counter ISIS Finance Group untuk mengungkapkan, siapa sebenarnya pengelola keuangan raksasa berskala Global yang digunakan akan untuk membiayai ISIS sekonyong-konyong merajalela di Dunia ini," tandasnya.

Diketahui sebelumnya pihak kepolisian mengatakan bahwa terdapat 5 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi fasilitator keuangan ISIS. Kelimanya saat ini sudah dalam pemantauan Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88 AT) Polri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X