KRI Nanggala 402 Sudah Tak Mengeluarkan Suara, TNI Deteksi dengan Sonar

- Jumat, 23 April 2021 | 10:55 WIB
KN SAR Antasena 234 yang dilengkapi dengan Remotely Operated Vehicle (ROV) diterjunkan untuk mencari KRI Nanggala 402 yang hilang kontak. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)
KN SAR Antasena 234 yang dilengkapi dengan Remotely Operated Vehicle (ROV) diterjunkan untuk mencari KRI Nanggala 402 yang hilang kontak. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

TNI menyebut kapal selam KRI Nanggala 402 sudah tidak mengeluarkan suara. Meski begitu, pencarian lewat sonar masih bisa dilakukan oleh tim pencari.

"Kebetulan kapal selamnya kan sudah diam, tidak ada suara, hanya sonar yang bisa menangkap," kata Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad kepada wartawan, Jumat (23/4/2021).

Riad sendiri menyebut KRI-KRI yang diterjunkan dalam proses pencarian ini sudah dilengkapi dengan sonar. Bahkan, kapal milik Polri yang dikerahkan juga memiliki spesifikasi sonar dua dimensi.

"Kita dapat perbantuan dari kepolisian sebanyak empat kapal dimana kapal-kapal kepolisian ini juga dilengkapi dengan rov atau unit drone termasuk memiliki kemampuan sonar dua dimensi," beber Riad.

Sekedar informasi, Kapal selam milik TNI AL yakni KRI Nanggala 402 hilang kontak kemarin pagi di perairan laut Bali. Kapal itu disebut-sebut membawa puluhan awak kapal.

TNI sendiri sudah mengetahui titik koordinat keberadaan kapal tersebut. Diduga, kapal itu berada di palung laut sedalam 700 meter.

TNI sendiri sudah mendapat penawaran bantuan dari berbagai negara tetangga. Basarnas, KNKT hingga Polri pun juga sudah turun tangan mencari kapal selam tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X