Cegah Masyarakat Mudik, DPR Sarankan Setiap Perbatasan Harus Dilakukan Penyekatan

- Selasa, 20 April 2021 | 17:36 WIB
Polisi melakukan pemeriksaan kepada kendaraan pemudik (ANTARA)
Polisi melakukan pemeriksaan kepada kendaraan pemudik (ANTARA)

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan, alangkah baiknya petugas gabungan dapat melakukan penyekatan di setiap perbatasan daerah guna mencegah adanya masyarakat yang mudik Lebaran.

“Saya kira harus dan semuanya harus. Jadi harus dibuat sekat-sekat pembatas, harus diperiksa dan konsekuensi,” kata Syarief saat dihubungi Indozone, Selasa (20/4/2021).

Syarief pun menyarankan setiap kendaraan yang melintas perbatasan setiap daerah dapat diperiksa petugas. Salah satu contohnya mobil barang yang mengangkut logistik harus dibuka jika tidak hujan guna memastikan tidak ada penumpang di dalammya.

Baca juga: Persiapan Nikah Sudah Rampung, Cewek Ini Gagal Nikah, Pacar Berkali-kali Selingkuh

“Harus diperiksa dan konsekuensi. Mobil logistik ya, kalau enggak hujan jangan ditutup dan harus dibuka,” bebernya.

Di sisi lain apakah petugas di lapangan dalam melakukan penyekatan selama 24 jam, menurut Syarief hal tersebut tergantung daripada teknis aturan.

“Betul-betul aparat stakeholdernya yang mempunyai kewenangan mengkoordinasikan saya kira Korlantas Polri. Saya kira itu bagaiamana memanage personalnya itu bisa stand by, bagaimana sekat-sekat itu simulasi di jalan-jalan tikus tidak bisa dilewati,” bebernya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan larangan mudik Lebaran 2021 berlaku untuk semua masyarakat tanpa terkecuali. Pasalnya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X