The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penjara Nyaris Penuh, Polisi Pilih Sebagian Preman Pelaku Pungli untuk Dibina
Para Preman yang diamankan petugas. (Foto: Humas Polda Metro Jaya)
News

Penjara Nyaris Penuh, Polisi Pilih Sebagian Preman Pelaku Pungli untuk Dibina

Alasan lain karena pelaku hanya ikut-ikutan.

Kamis, 17 Juni 2021 20:19 WIB 17 Juni 2021, 20:19 WIB

INDOZONE.ID - Polri melalui jajaran Polda di seluruh Indonesia diketahui melakukan penangkapan terhadap preman dan para pelaku pungli. Namun, preman maupun pungli tersebut banyak yang dibina dan tidak diproses secara hukum.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto membeberkan alasan pihaknya memilih pembinaan terhadap para pelaku yang diamankan. Namun, kewenangan itu dikembalikan ke jajaranya.

"Diserahkan kepada inisiatif dari satuan yang menangani," kata Komjen Agus saat kepada wartawan, Kamis (17/6/2021).

BACA JUGA: Polisi Tangkap 32 Orang Terduga Pelaku Premanisme di Aceh

Lebih jauh Komjen Agus menyebut pihaknya lebih dulu melihat peran dari masing-masing pelaku pungli. Jika perannya tidak banyak, pelaku tersebut layak untuk dibina.

"Kita kan lihat peran masing-masing, simpul-simpul. Yang punya peran penting akan menjadi prioritas penyidik, kalau ikut-ikutan, ya lebih baik dibina," beber Agus.

Hal ini disebutkan juga berguna untuk mengurangi tahanan di dalam lapas. Sebab, Agus menyebut kondisi lapas di Indonesia saat ini sudah cukup penuh.

"Kapasitas ruang tahanan dan lapas lama overload. Kita harus melihat masalah secara holistik sehingga tidak timbul masalah baru dan ekses baru penyertanya," pungkas Agus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US