Rektor UI Rangkap Jabatan Komisaris, Politikus PDIP Salahkan Nadiem & Erick Tak Tegas

- Kamis, 22 Juli 2021 | 11:29 WIB
Kiri: Arteria Dahlan (Istimewa) / Kanan: Rektor UI Ari Kuncoro (Dok. Humas UI)
Kiri: Arteria Dahlan (Istimewa) / Kanan: Rektor UI Ari Kuncoro (Dok. Humas UI)

Presiden Jokowi kembali menuai kritik pedas karena seolah-olah melindungi Rektor UI Ari Kuncoro yang rangkap jabatan. Jokowi sampai mengubah PP Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Statuta UI menjadi PP 75 Tahun 2021.

Di peraturan baru, Rektor UI hanya dilarang rangkap jabatan di tingkat direksi dan masih boleh rangkap jabatan di tingkat komisaris. Ari Kuncoro diketahui merupakan Wakil Komisaris Utama (Komisaris Independen) PT BRI.

Terkait hal tersebut, anggota DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan mengatakan bahwa Ari Kuncoro memalukan.

"UI itu kan, punya motto tagline yang menjadi values anak UI, yakni Veritas (Kebenaran), Probitas (Jujur), Iustitia (Adil), motto yang jadi kebanggan kita semua. Tapi kalau dilihat ulah rektornya, ya sangat memalukan. Masa iya sih dia itu Presiden Republik UI posisi politik yang sangat tinggi, kok masih mau ambil jabatan komisaris BUMN yang notabene anak buah seorang menteri," kata Arteria, Rabu (21/7/2021).

Arteria yang juga merupakan alumni UI mememinta Ari Kuncoro mundur dari jabatannya sebagai Rektor UI, supaya bisa fokus mengurus BUMN.

"Ngurusin UI saja kalau bener-bener diurus itu waktunya sangat kurang, apalagi kalau harus berbagi perhatian walau jadi komisaris sekalipun," tukasnya.

Anggota Komisi III DPR ini menegaskan, Ari Kuncoro tetap melawan hukum. Dia merangkap jabatan saat Statuta UI lama masih berlaku dan seharusnya bisa diberhentikan oleh Mendikbudristek.

Arteria juga menyeret nama Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Menteri BUMN Erick Thohir yang dituding tidak kompeten menyelesaikan masalah ini, sehingga membuat Presiden Jokowi terdampak.

"Masalah ini kan bisa selesai kalau kemarin Mendikbud Ristek tegas dan Meneg BUMN juga menghormati hukum. Kasihan Pak Jokowi direpotkan untuk urusan-urusan yang seperti ini, padahal punya pembantu-pembantu yang harusnya bisa menjaga hal seperti ini tidak terjadi," ujar Arteria.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X