The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

RSPON Tegaskan Pendarahan Otak Tukul Arwana Bukan Karena Vaksin Covid: Tak Ada Korelasinya
Pelawak Tukul Arwana (Instagram/tukul.arwanaofficial)
News

RSPON Tegaskan Pendarahan Otak Tukul Arwana Bukan Karena Vaksin Covid: Tak Ada Korelasinya

Jumat, 24 September 2021 11:56 WIB 24 September 2021, 11:56 WIB

INDOZONE.ID - Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) dr. Mursyid Bustami menegaskan pendarahan otak atau stroke hemarogik yang dialami pelawak Tukul Arwana bukan karena pengaruh Vaksin Covid-19.

Sebelumnya, Tukul mengalami pendarahan otak yang terpaksa dilarikan ke RSPON pada Rabu (22/9/2021) sore. Terkait kondisi Tukul, beredar rumor bahwa Tukul mengalami pendarahan otak karena pengaruh vaksin Covid-19.

"Kami perlu menegaskan bahwa dari berita yang beredar perlu diklarifikasi, tidak ada hubungannya pendarahan otak atau stroke pendarahan dengan vaksin Covid-19," kata Mahar.

"Ini perlu diketahui masyarakat supaya tidak terjadi suatu kesalahpahaman," tambah dia.

Baca juga: Jadi Saksi Pertemuannya, Rizky Billar dan Lesty Doakan Kesembuhan Tukul Arwana

Mursyid menjelaskan bahwa stroke hemoragik adalah pecahnya pembuluh darah di otak akibat tekanan yang tinggi pada pembuluh darah yang sebetulnya sudah memiliki potensi untuk bocor atau pecah.

"Pembuluh darah itu ada titik lemahnya di otak itu, dan pada waktu tertentu mungkin tekanannya meningkat, maka tidak kuat lagi pembuluh darah itu menahan, sehingga pecah," katanya.

Dalam kondisi yang demikian terjadi, bekuan darah akan keluar dari pembuluh darah sehingga mengganggu fungsi otak di sekitarnya.

Mursyid menambahkan tanda-tanda stroke meliputi kelumpuhan pada wajah atau anggota badan, bicara tidak lancar, bicara tidak jelas, perubahan kesadaran, dan gangguan penglihatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Nanda
Dina

Dina

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US