The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Malang Diguncang Gempa Bumi dengan Magnitudo 5,2
Seismograf, alat pencatat getaran akibat gempa bumi (ANTARA/pri)
News

Malang Diguncang Gempa Bumi dengan Magnitudo 5,2

Jumat, 28 Januari 2022 20:39 WIB 28 Januari 2022, 20:39 WIB

INDOZONE.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,2 di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Jumat (28/1/2022) pukul 18.20 WIB.

Lewat unggahannya di Twitter, pusat gempa terjadi pada 445 kilometer tenggara Kabupaten Malang, dengan kedalaman sepuluh kilometer.

Gempa yang terjadi pada 12,14 Lintang Selatan (LS) dan 112,86 Bujur Timur (BT) tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami. BMKG memperingatkan adanya potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.

Sementara itu, seperti dinukil dari ANTARA, Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang Ma’muri mengatakan bahwa hingga saat ini masih belum ada laporan dari masyarakat terkait gempa tersebut dirasakan khususnya di wilayah Kabupaten Malang.

Ma'muri menjelaskan bahwa gempa tersebut terjadi karena aktivitas subduksi lempeng selatan. Namun, getaran gempa tidak dirasakan oleh masyarakat, atau belum ada laporan terkait hal tersebut.

“Sejauh ini belum ada informasi dirasakan, namun kami masih terus mencari informasi tersebut dari masyarakat,” kata Ma’muri.

BACA JUGA: Pasca Gempa di Banten, Pemerintah Prioritaskan Perbaikan Sarana Prasarana Pendidikan

Ia menambahkan, dipastikan tidak ada kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Hal itu dikarenakan titik terjadinya gempa bumi tersebut berada jauh dari daratan.

“Kerusakan dipastikan tidak ada, karena titik gempa jauh,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan menambahkan, dampak akibat gempa bumi tersebut masih dalam pantauan. Namun, hingga saat ini masih belum ada laporan terkait gempa bumi dirasakan atau dampak kerusakan akibat gempa.

“Saat ini masih dalam pantauan dan belum ada laporan kerusakan,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
JOIN US
JOIN US