Nike Akuisisi RTFKT, Perusahaan yang Membuat Desain Sepatu untuk Metaverse

- Selasa, 14 Desember 2021 | 22:11 WIB
RTFKT. (Photo/RTFKT)
RTFKT. (Photo/RTFKT)

Metaverse lagi-lagi menjadi perbincangan banyak orang setelah perubahan nama Facebook menjadi Meta. Selain Facebook, pendiri Microsoft Bill Gates juga menilai bahwa metaverse semakin membuka ladang baru terhadap perkembangan teknologi virtual.

Disisi lain, metaverse merupakan literasi dari bagian internet realitas virtual bersama. Metaverse memiliki arti lebih luar tidak hanya merujuk pada dunia virtual yang dioperasikan oleh perusahaan media sosial, melainkan juga seluruh spektrum augmented reality.

Hal ini membuat Nike, perusahaan sepatu yang cukup terkenal melakukan migrasi ke metaverse dan mengakuisisi perusahaan baru bernama RTFKT Studios, pada Senin (13/12/2021).

Nike Migrasi ke Sepatu Virtual

-
(Photo/RTFKT)

 

Nike mengumumkan migrasi pembuatan sepatu virtual tersebut pada Senin (13/11/2021). Nike membeli perusahaan sepatu virtual yang berspesialisasi dalam NFT sepatu untuk metaverse.

“Akuisisi ini merupakan langkah lain yang mempercepat transformasi digital Nike dan memungkinkan kami untuk melayani atlet dan pencipta di persimpangan olahraga, kreativitas, permainan, dan budaya,” John Donahoe, CEO dan Presiden Nike.

Baca juga: Mengulik 'Rumah Wanita' di Maroko, Bangunan Arsitektur Tradisional yang Kaya Manfaat

Nike Memiliki RTFKT

-
(Photo/RTFKT)

 

RTFKT didirikan pada tahun 2020 oleh Benoit Pagotto, Chris Le, dan Steven Vasilev dan membuat koleksi digital, atau dengan kata lain - Token Nun-Fungible (NFT).

NFT dikenal sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan yang merupakan berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok. NFT juga tidak saling bertukar.

Pada bulan Februari, RTFKT menjual sepatu kets asli yang dibundel dengan sepatu virtual bekerja sama dengan artis remaja FEWOCiOUS. Hanya dalam enam menit, perusahaan menjual 600 pasang NFT senilai lebih dari 3,1 juta dollar (Rp44 miliar).

Ide Sederhana

Ide sederhana itu muncul begitu metaverse yang berbeda aktif dan berjalan secara efektif di dunia modern. Untuk tujuan yang berbeda, Nike mengambil keputusan yang cukup menarik untuk mengedepankan desain sepatu versi virtual.

Hype Metaverse Meningkat

-
(Photo/RTFKT)

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X