The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Erick Thohir Optimis Santri Mampu Jadi Penggerak Ekonomi Syariah
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
News

Erick Thohir Optimis Santri Mampu Jadi Penggerak Ekonomi Syariah

Kualitas SDM-nya disebut memadai.

Selasa, 12 April 2022 13:04 WIB 12 April 2022, 13:04 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, dirinya tak meragukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh para santri di Indonesia. Dengan kualitas SDM yang mumpuni ini para santri bisa menciptakan peluang dan membuka lapangan kerja baru ke depan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Erick Thohir saat menghadiri puncak acara Festival Banjari Erick Thohir se-Jawa Timur di Islamic Center Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU), Kecamatan Petorangan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Erick Thohir turut memberikan motivasi kepada para santri di Jawa Timur untuk pandai menangkap peluang, agar cita-cita menjadi motor penggerak ekonomi syariah bisa terwujud ke depan. 

“Tak hanya menangkap peluang, sebagai muslimpleneur dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Adik-adik santri sudah siap menjadi motor penggerak ekonomi syariah?,” kata Erick Thohir seperti dikutip di instagram pribadi @erickthohir pada, Selasa (12/4/2022).

Orang nomor satu di Kementerian BUMN itu melanjutkan, ke depan para santri bisa melihat kesempatan dalam mengisi pos-pos pada pekerjaan baru. Pasalnya, jika hal ini bisa direalisasikan maka anggapan orang terhadap sumber daya manusia (SDM) santri yang rendah bisa terbantahkan.

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan BUMN Ikut Stabilkan Harga dan Ketersediaan Minyak Goreng

“Anak-anak muda Indonesia harus bisa melihat kesempatan untuk mengisi pekerjaan-pekerjaan jenis baru. Jangan sampai santri-santri dianggap SDM kelas dua, padahal saya yakin para santri itu justru SDM kelas satu. Tidak hanya pendidikannya baik, tetapi akhlaknya baik,” beber Erick.

Pada kesempatan itu juga, Erick Thohir memanggil enam santri yang kemudian memberikan pertanyaan mudah, yakni cita-cita apa yang ingin dikejar oleh para santri. Para santri kemudian menjawab beragam, mulai dari Menteri Agama, psikolog hingga pengusaha.

Puas akan jawaban dan keberanian para santri untuk maju ke depan panggung, Erick Thohir memperlihatkan kepeduliannya dengan memberikan beasiswa. Beasiswa ini pun tak main-main yakni mulai dari SMA hingga lulus perguruan tinggi.

“Mohon izin Pak Kiai, santrinya yang sudah berani maju ke depan saya beri beasiswa dari SMA hingga kuliah," jelasnya.

Sementara itu, Pondok Pesantren Darul Ulum KH Zu'em Widjaja As'ad memastikan beasiswa yang diberikan oleh Erick Thohir kepada santri se-Jawa Timur sebanyak 50 orang. 

“Tadi beliau berbisik kepada saya, yang dapat beasiswa tolong pak Kyai lengkapi jadi 50 orang,” urai dia.

Untuk diketahui, Festival Banjari Erick Thohir itu diikuti oleh para santri se-Jawa Timur yang melombakan berselawat kepada Nabi Muhammad SAW tingkat SMA dan sederajat se-Jawa Timur tersebut diikuti sekitar 57 grup. Pada acara puncak Festival Barjanji Erick Thohir juga dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US