Lapas Tangerang Terbakar, Yasonna Laoly: Harus Ada Strategi Agar Musibah Tidak Terulang

- Rabu, 8 September 2021 | 12:53 WIB
Menkumham Yasonna Laoly. (ANTARA/Ho-Kementerian Hukum dan HAM)
Menkumham Yasonna Laoly. (ANTARA/Ho-Kementerian Hukum dan HAM)

Usai kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, Banten, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menginstruksikan jajarannya untuk fokus pada evakuasi dan pemulihan warga binaan yang menjadi korban.

"Rasa duka mendalam saya sampaikan atas jatuhnya korban dalam kebakaran ini. Saya sudah menginstruksikan jajaran untuk secepatnya melakukan evakuasi dan fokus memberikan penanganan terbaik untuk memulihkan korban luka. Ini musibah yang memprihatikan bagi kita semua," ujar Yasonna wartawan, Rabu (8/9/2021).

Di sisi lain, Yasonna memastikan pihaknya akan bekerja sama dengan aparat terkait untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

"Tentu saja kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menyelidiki sebab-sebab kebakaran dan tentu saja memformulasikan strategi pencegahan agar musibah berat seperti ini tidak terjadi lagi," tutur Yasonna.

Selain itu bersasarkan data yang diperolehnya, setidaknya ada 41 orang meninggal. Terdapat satu korban meninggal dunia adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan dan lainnya terkait narkoba

"Data yang saya peroleh menyebutkan ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba. Dua di antara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal," tutupnya.

Sekedar informasi, Lembaga Pemasyrakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten ludes terbakar dini hari tadi. Tercatat, ada sebanyak 41 orang yang tewas akibat insiden ini. Selain korban jiwa, ada delapan penghuni Lapas yang luka-luka akibat kebakaran tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X