The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berkelas! Hanya 2 Menit Berbicara, Gubernur Anies Baswedan Berhasil Pengaruhi PBB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Instagram/aniesbaswedan)
News

Berkelas! Hanya 2 Menit Berbicara, Gubernur Anies Baswedan Berhasil Pengaruhi PBB

Senin, 19 April 2021 11:00 WIB 19 April 2021, 11:00 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ikut hadir dalam acara Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilient Recovery for Cities and Nations, yang digelar secara virtual, Jumat (16/4/2021) malam.

Dalam pertemuan itu, mantan Wali Kota Toronto Kanada David Miller menjadi moderator. Dia meminta Gubernur Anies menyampaikan gagasan dan usulannya.

"Saya ingin mengundang Wakil Ketua Dewan Pengarah Jejaring C40 lainnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Anda memiliki dua menit untuk memberikan usulan," kata David.

Dengan percaya diri, Anies pun menyampaikan usulan kepada Sekjen PBB Antonio Guterres menggunakan bahasa Inggris. Ada beberapa usulan yang diajukannya terkait pengurangan emisi karbon.

Menurut Anies, PBB harus mendorong negara-negara mengakui pencapaian aksi iklim di tingkat kota dan harus diperhitungkan sebagai bagian National Determined Contribution (NDC)

Anies juga meminta PBB membantu mendorong integrasi vertikal dan horizontal di tingkat aksi dan kebijakan.

"Terakhir, dalam rangka menuju COP 26, PBB dapat pula mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif untuk menerjemahkan manfaat-manfaat yang diperoleh pemerintah nasional pada forum global untuk dieksekusi pada level lokal," kata Anies.

Sekjen PBB Antonio Guterres pun mendukung usulan Anies tersebut dan akan berupaya melakukan yang terbaik.

"Kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB pada berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi global dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang anda usulkan kepada kami," kata Guterres kepada Anies.

Melihat itu, David Miller memuji Anies karena mampu mempengaruhi PBB hanya dalam tempo dua menit saja.

"Gubernur Baswedan, anda telah berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit," kata David.

Artikel Menarik Lainnya:

Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US