AS Sebut Rusia Bisa Kapan Saja Invansi Ukraina

- Sabtu, 12 Februari 2022 | 12:39 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (REUTERS/Sandra Sanders)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (REUTERS/Sandra Sanders)

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut Rusia menerjunkan lebih banyak pasukan ke perbatasannya dengan Ukraina dan bisa sewaktu-waktu melancarkan invasi terhadap negara tersebut, termasuk selama Olimpiade Musim Dingin.

Blinken mengatakan Washington terus mengurangi staf di kedutaan besarnya di Ukraina dan Departemen Luar Negeri AS berulang kali meminta warga negara Amerika di Ukraina agar segera meninggalkan negara itu.

"Dengan mudah, kami terus melihat tanda-tanda eskalasi Rusia yang sangat mengganggu, termasuk penambahan pasukan di perbatasan Ukraina," kata Blinken saat konferensi pers di Melbourne, Australia melansir Reuters via Antara, Sabtu (12/2/2022).

"Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, kami ada di sebuah jendela ketika invasi bisa dimulai kapan saja, dan lebih jelasnya, termasuk selama Olimpiade," tambahnya.

Rusia, yang telah mengerahkan lebih dari 100.000 pasukan di dekat perbatasan Ukraina, menepis tudingan negara-negara Barat bahwa mereka berniat menyerang negara tetangganya itu. Olimpiade Musim Dingin di Beijing berlangsung sampai 20 Februari.

Departemen Luar Negeri AS meminta warga negara Amerika di Ukraina agar segera angkat kaki sehubungan dengan apa yang mereka sebut sebagai ancaman aksi militer Rusia yang semakin menjadi-jadi.

Baca juga: Gus Miftah Bahas Kebohongan Wasiat Pemindahan Makam: Kasihan, Orang Mati Aja Masih Ditipu

Blinken menyebutkan bahwa Washington akan terus mengurangi staf kedubes mereka.

"Kami akan melanjutkan proses itu dan kami juga sangat gamblang bahwa setiap warga negara Amerika yang masih berada di Ukraina harus pergi sekarang," ucap Blinken.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X