Bangga! Masjid Raya Sumbar Dapat Penghargaan Masjid dengan Desain Terbaik di Dunia

- Kamis, 23 Desember 2021 | 11:31 WIB
Masjid Raya Sumatera Barat. (Foto/Istimewa)
Masjid Raya Sumatera Barat. (Foto/Istimewa)

Masjid Raya Sumatera Barat dinobatkan sebagai salah satu masjid yang memiliki desain arsitektur terbaik di dunia. Penghargaan itu diberikan oleh organisasi non profit yang menyoroti desain atau karya arsitektur masjid di seluruh dunia, Abdullatif Al Fozan Award for Mosque Architecture.

Dikutip dari Albursa, Kamis (23/12/2021), Masjid Raya Sumbar sebelumnya bersaing terlebih dulu dengan 201 masjid lainnya dari 43 negara di dunia. 

Dari jumlah itu kemudian dipilih sebanyak 27 masjid, hingga akhirnya diumumkan 7 masjid dari berbagai negara yang memenangkan penghargaan tersebut.

7 masjid tersebut di antaranya Masjid Raja Abdullah di Riyadh, Masjid Basuna di desa Basuna Sohag Mesir,  Masjid Al-Ahmar di Bangladesh, Masjid Raya Sumatera Barat di Indonesia, Masjid Sancaklar di Buyukcekmece Istanbul Turki, Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon & Masjid Agung Djenne di Mali.

Dalam menentukan masjid dengan desain terbaik dilihat berdasarkan inovasi dalam perencanaan, desain, & teknologi yang dapat menjurus ke identitas arsitektur masjid di abad ke-21.

Dikutip dari laman resmi Simas Kemenag, Masjid Raya Sumbar yang terletak di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat ini menjadi salah satu masjid yang terbesar di Tanah Air.

Masjid ini dirancangan oleh Rizal Muslimin yang merupakan pemenang dari sayembara arsitektur yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara.

Masjid tersebut dibangun dengan tidak memiliki kubah, namun hanya memiliki atap khas budaya Minangkabau. Bagian atapnya memiliki desain Rumah Gadang dengan 4 sudut lancip, sedangkan bangunannya berbentuk gonjong.

Masjid itu terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 dipakai untuk tempat wudhu & tempat tambahan jika pada lantai utama para jemaah sudah penuh.

Lantai 2 adalah ruang utama yang digunakan untuk salat berjamaah, sedangkan lantai 3 adalah bisa digunakan untuk tempat istirahat.

Masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas sekitar 40.000 meter persegi serta dapat menampung sekitar  20 ribu jamaah, dengan rincian sekitar 15 ribu jamaah di lantai dasar,  selebihnya di lantai 2 & 3.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X