Militer Korea Selatan: Korea Utara Tembakkan Proyektil ke Laut Timur

- Selasa, 28 September 2021 | 09:00 WIB
Orang-orang menonton siaran TV dari laporan berita tentang Korea Utara menembakkan rudal. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Orang-orang menonton siaran TV dari laporan berita tentang Korea Utara menembakkan rudal. (REUTERS/Kim Hong-Ji)

Korea Utara dilaporkan telah menembakkan proyektil tak dikenal ke arah laut di lepas pantai timurnya pada Selasa pagi (28/9/2021).

Menurut militer Korea Selatan, hal tersebut dilakukan setelah Korea Utara menyatakan kesediaannya untuk terlibat dalam pembicaraan dengan Korea Selatan.

Dilansir Guardian, militer Korea Selatan tidak memberikan rincian lebih lanjut, namun kementerian pertahanan Jepang mengatakan itu adalah rudal balistik.

Pengumuman itu datang tepat sebelum duta besar Korea Utara untuk PBB mengatakan tidak ada yang bisa menyangkal hak negaranya untuk membela diri dan menguji senjata.

Baca juga: Korea Utara Nyatakan Belum Mau Akhiri Perang Korea

Ada serangkaian peluncuran rudal oleh Korea Utara selama bulan September, yang dikutuk keras oleh negara tetangga Jepang dan Korea Selatan.

Pada tanggal 15 September, Korea Utara dan Korea Selatan sama-sama menguji coba rudal balistik, ini memperlihatkan perlombaan di mana saingannya telah mengembangkan senjata yang semakin canggih.

Pada saat itu pula, Washington mengutuk uji coba Korea Utara dan uji coba terpisah beberapa hari sebelumnya yang menurut para ahli bisa menjadi rudal jelajah pertama yang mampu membawa hulu ledak nuklir, sebagai ancaman bagi tetangganya.

Sejak itu Korea Utara merilis serangkaian pernyataan yang mengatakan pihaknya bersedia untuk memulai kembali pembicaraan antar-Korea yang terhenti dan mempertimbangkan pertemuan puncak lainnya jika Korea Selatan membatalkan apa yang disebut Korea Utara sebagai standar ganda dan kebijakan bermusuhan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X