Jokowi: Anggota Pramuka Harus Jadi Pelopor Kedispilinan Protkol Kesehatan

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 09:48 WIB
Sejumlah anggota Pramuka mengikuti acara Ziarah dan Doa bersama di Taman Makam Pahlawan di Ciceri. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Sejumlah anggota Pramuka mengikuti acara Ziarah dan Doa bersama di Taman Makam Pahlawan di Ciceri. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) seluruh anggota Pramuka harus menjadi pelopor kedisplinan terkait protokol kesehatan. Seperti disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan hingga menghindari kerumunan.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya secara virtual terkait peringatan Hari Pramuka dalam rangka HUT ke-60 Pramuka Indonesia, Sabtu (13/8/2021).

"Pramuka Indonesia juga harus menjadi pelopor kedisplinan terutama dalam disiplin menjalankan protokol kesehatan, disiplin mamakai masker, disiplin menjaga jarak, disiplin untuk mencuci tangan di setiap saat, dan disiplin untuk menghindari kerumunan," kata Jokowi.

"Pramuka Indonesia harus berada di barisan terdepan melindungi diri, melindungi teman-teman dan melindungi keluarga yang kita sayangi. Kalau ada teman yang tidak mematuhi protokol kesehatan diingatkan, beri penjelasan, beri pengertian," tambah Jokowi.

Dia mengatakan perayaan HUT Pramuka tahun ini kedua kalinya dirayakan secara virtual. Padahal biasanya Hari Pramuka dirayakan dengan cara upacara di lapangan diikuti peserta lengkap dari anggota Pramuka yang berbaris rapi.

"Tahun ini kita lakukan secara virtual, mengikuti upacara dari tempat masing-masing dengan jumlah peserta dibatasi. Disiplin  protokol kesehatan agar kita semua terlidungi dari Covid-19," imbuh Jokowi.

Ia turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Pramuka di seluruh tanah air Indonesia, karena saat pandemi Covid-19 ini, Pramuka sudah bahu-membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemi di lingkungannya masing-masing.

"Inilah jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Dharma, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Terpanggil rela berkorban untuk sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama dan golongan," beber Jokowi.

Kepala negara ini menekankan para anggota Pramuka Indonesia harus menjadi contoh, teladan, tanguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu, meringankan beban keluarga, saudara dan tetangga-tetangga sekitar.

"Kalau ada teman yang sudah berusia di atas 12 tahun yang belum divaksin, ajak untuk segera divaksin. Karena kunci utama keluar dari pandemi adalah kedisplinan mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal," tandas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi berpesan agar  segenap anggota Pramuka untuk giat belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Kemudian kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang setinggi-tingginya, selalu adaptif mengejar kemajuan  teknologi, mengikuti perkembangan jaman dengan cepat, fleksibel dan harus cerdik.

Terpenting, kata Jokowi, janganlah pernah lupa dengan indentitas bangsa, membangun karakter Indonesia yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang sejati, menjaga NKRI, dan juga merawat kebhinnekaan.

"Pramuka Indonesia harus optimis melihat masa depan, terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia," tandas Jokowi. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X