The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hampir 2 Tahun Belajar Online karena Covid-19, 300 Pelajar di Kalteng Diam-diam Menikah
Ilustrasi pernikahan dini di kalangan pelajar (photo/ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/Unsplash)
News

Hampir 2 Tahun Belajar Online karena Covid-19, 300 Pelajar di Kalteng Diam-diam Menikah

Jumat, 22 Oktober 2021 13:22 WIB 22 Oktober 2021, 13:22 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 membuat berbagai kegiatan dialihkan ke online atau daring, salah satunya kegiatan belajar mengajar.

Sudah hampir dua tahun para pelajar tidak pernah datang ke sekolah gara-gara pandemi. Hal ini rupanya diam-diam dimanfaatkan oleh para pelajar di Kalimantan Tengah untuk menikah.

Sekitar 300 pelajar diam-diam menikah di tengah pembelajaran online di sejumlah kabupaten di Kalteng. Fakta ini pun mengagetkan orang nomor satu di Kalteng, Gubernur Sugianto Sabran.

Dia mengaku tidak pernah mengira dan terkejut mengetahui kebijakan pembelajaran daring yang diterapkan di semua tingkatan sekolah di provinsi itu, berdampak pada pernikahan dini kalangan pelajar.

Keterkejutan dia itu diungkapkan saat memantau vaksinasi bagi kalangan pelajar di SMKN 1 Pangkalan Bun dan SMAN 1 Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat baru-baru ini.

Oleh karenanya, Sugianto mendorong pelajar agar bisa segera bersekolah supaya jumlah pelajar yang melakukan pernikahan dini tidak bertambah.

"Kalian bisa segera bersekolah lagi. Pada bulan Nopember ya” katanya, menjawab pertanyaan seorang pelajar soal kepastian sekolah tatap muka.

Dalam dua bulan ini, sejak September 2021, terus dilakukan pembahasan secara lintas sektor tentang bagaimana pembelajaran tatap muka (PTM) bisa segera dilangsungkan di tengah pandemi.

Tim Satgas Penanganan COVID-19 di 13 kabupaten dan kota se-Kalteng terus melakukan pendampingan sekolah-sekolah yang telah menyatakan siap untuk melaksanakan PTM.

Sebelum terungkap data pelajar diam-diam melakukan pernikahan selama pandemi, tidak ada bahasan waktu dan ketentuan sekolah di Kalteng bisa melaksanakan PTM.

Bahkan, pihak sekolah tidak pernah memberikan informasi apa pun kepada para siswa dan orang tua/wali murid tentang rencana waktu PTM atau kapan para siswa bisa masuk sekolah lagi.

Saat ini, vaksinasi guru dan pihak terkait lainnya dalam dunia pendidikan di Kalteng, juga terus dipacu pelaksanaannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US