Uni Emirat Arab Buka Kedutaan di Israel, Lokasinya di Tel Aviv

- Rabu, 14 Juli 2021 | 17:51 WIB
Kedutaan Uni Emirat Arab Resmi Dibuka di Israel. (photo/REUTERS/Nir Elias)
Kedutaan Uni Emirat Arab Resmi Dibuka di Israel. (photo/REUTERS/Nir Elias)

Uni Emirat Arab (UEA) telah resmi membuka kedutaannya di Israel, Rabu (14/7) waktu setempat. Tujuan pembukaan kedutaan yang berlokasi di gedung bursa baru di Tel Aviv itu untuk normalisasi terbaru, di bawah kesepakatan yang ditengahi oleh Washington tahun lalu.

Dilansir AFP, Rabu (14/7/21), kantor kedutaan UEA di pusat distrik keuangan Israel itu menyoroti peran sentral kerja sama di bidang ekonomi, sebuah peran yang dimainkan sejak UEA jadi negara mayoritas Arab ketiga yang mengakui kedaulatan Israel.

Perayaan pembukaan kantor kedutaan itu dihadiri oleh Presiden baru Israel Isaac Herzog. Duta Besar UEA, Mohamed al-Khaja mengatakan, pembukaan kedutaan sebagai "tonggak penting dalam hubungan yang berkembang antara kedua negara kita".

"UEA dan Israel sama-sama negara yang inovatif, kita dapat memanfaatkan kreativitas ini untuk bekerja menuju masa depan yang lebih sejahtera dan berkelanjutan bagi negara dan kawasan kita," katanya.

Di samping itu, Herzog menyerukan "perjanjian bersejarah" dengan UEA untuk "diperluas ke negara-negara lain yang mencari perdamaian dengan Israel."

Israel dan UEA telah menandatangani sejumlah kesepakatan - mulai dari pariwisata, penerbangan hingga layanan keuangan - sejak normalisasi hubungan sebagai bagian dari apa yang disebut Kesepakatan Abraham, yang ditengahi oleh pemerintahan mantan presiden AS Donald Trump.

Seremoni pembukaan Kedutaan UEA pada Rabu (14/7), yang diadakan di lobi gedung bursa dua lantai di bawah kedutaan, terjadi setelah Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid melakukan kunjungan penting ke UEA bulan lalu, membuka kedutaan Israel di Abu Dhabi dan konsulat di Dubai.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X