Tren Anak Muda Sebagai Pendonor Organ Tubuh di China Meningkat 

- Rabu, 3 Juli 2019 | 11:08 WIB
thecardiologyadvisor
thecardiologyadvisor

Sejak dioperasikannya platform pendaftaran daring oleh Yayasan Pengembangan Transplantasi Organ China (COTDF) pada tahun 2014 minat warga China untuk mendonorkan organ tubuh meningkat.

Dari tahun 2014 hingga 15 Juni 2019 sudah ada 1,35 juta warga China yang bersedia mendonorkan organ tubuhnya. Dalam catatan COTDF mereka adalah remaja di bawah usia 30 tahun.

Wakil Ketua Yayasan Pengembangan Transplantasi Organ China (COTDF) Zhao Hongtao menjelaskan sekitar 20.200 operasi transplantasi telah dilakukan pada tahun lalu atau naik 21 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pejabat Lembaga Administrasi dan Supervisi Kesehatan China (MASD) Fan Jing menyebutkan bahwa negaranya menduduki peringkat pertama di Asia dan kedua di dunia sebagai negara dengan jumlah donor organ dan operasi transplantasi terbesar.

Fan Jing mengatakan masyarakat yang sudah terdaftar sebagai donor tidak serta-merta menjadi pendonor sehingga dapat membatalkan pendaftarannya kapan saja. Mereka yang sudah terdaftar akan mendonorkan tubuhnya setelah meninggal dunia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X