3 KRI Usir Kapal Asing yang Berada di Natuna Utara

- Minggu, 12 Januari 2020 | 10:11 WIB
Kapal Coast Guard China-5302 memotong haluan KRI Usman Harun-359/ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Kapal Coast Guard China-5302 memotong haluan KRI Usman Harun-359/ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Tiga KRI Koarmada I menggelar Operasi Siaga Purla 2020 di perairan Laut Natuna Utara. Tujuannya adalah untuk mengusir kapal-kapal ikan asing yang masih berada di zona ekonomi ekslusif (ZEE) Indonesia 

Informasi ini disampaikan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, Sabtu (11/1/2020).

Pangkogabwilhan I memerintahkan Komandan KRI masuk di sela-sela kapal-kapal ikan Tiongkok, demi memecah konsentrasi dan mengganggu kapal yang sedang menebar jaring untuk menangkap ikan secara ilegal.

Pangkogabwilhan I juga menginstruksikan pengendali operasi yang diterima Asisten Operasi Guspurla Koarmada I untuk berkomunikasi kepada kapal-kapal asing yang berada di perairan Laut Natuna.

Selain mengusir kapal asing, petugas juga memberikan imbauan kepada kapal Coast Guard Tiongkok yang melakukan pengawalan, untuk taat aturan.

"Jangan sampai hubungan pemerintah Indonesia-Tiongkok yang sudah terjalin dengan baik, terganggu dengan adanya kegiatan ilegal yang dilakukan oleh para nelayan Tiongkok," katanya dalam siaran pers.

Laksdya TNI Yudo Margono menegaskan, jika kapal asing itu masih bertahan di Natuna, maka mereka akan menjalankan perintah Presiden Jokowi untuk melakukan penangkapan dan diproses secara hukum.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X