Satgas Pamtas RI-PNG Buat Akses Jalan Baru dan Pos Kamling di Sotta
Aktivitas pembukaan lahan untuk membuat akses jalan baru. (Puspen TNI)
News

Satgas Pamtas RI-PNG Buat Akses Jalan Baru dan Pos Kamling di Sotta

Dukung pembangunan infrastruktur perbatasan.

Senin, 30 September 2019 09:39 WIB 30 September 2019, 09:39 WIB

INDOZONE.ID - Kehadiran Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) harus mampu memberikan solusi, bagi setiap permasalahan yang ada di wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI). Termasuk juga di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini (PNG) di Distrik Sotta, Merauke, Papua.

Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif Mekanis 411/Pandawa, Kostrad yang bertanggung jawab mengamankan perbatasan di wilayah ini, rutin melakukan kegiatan pembangunan fisik maupun non-fisik, selain menjaga keamanan perbatasan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Misalnya saja pembukaan akses jalan darat baru yang menghubungkan Kampung Yakyu, Distrik Sotta, Merauke, Papua yang dihuni sekira 40 Kepala Keluaraga (KK), dengan akses jalan utama di wilayah perbatasan. Selama ini, warga harus menggunakan perahu ketingting selama dua jam, untuk mencapai akses utama di Kampung Rawa Biru.

satgas pamtas, kostrad, yonif mekanis 411
(Puspen TNI)

“Akses jalan lebar dari Kampung Yakyu sampai perbatasan di Patok MM 13.2 ini memiliki jarak 800 meter. Harapan kami, jalan ini dapat mempermudah  lalu lintas dan kontrol pelintas batas dari Papua Nugini ke Indonesia, dari wilayah ini. Pengerjaannya dilakukan bersama personel Satgas Pamtas dengan warga masyarakat Kampung Yakyu,” jelas Danpos Kampung Yakyu Letda Inf Komang dalam keterangan yang diterima Senin (30/9). 

Pos Kamling

Selain membuat akses jalan baru, Satgas Pamtas RI-PNG juga membangun Pos Kamling di Kampung Yanggandur, Distrik Sotta, Kabupaten Merauke, Papua. Ini merupakan pembangunan Pos Kamling kedua yang dilakukan, setelah sebelumnya di Kampung Sotta.

Pembangunan Pos Kamling ini dilakukan oleh 6 personel Satgas Pamtas Pos Yanggandur, dipimpin langsung oleh Danpos Letda Muhammad Rizal, bersama warga Kampung Yanggandur. Pengerjaan Pos Kamling ini memakan waktu sekitar 9 hari. 

satgas pamtas, kostrad, yonif mekanis 411
(Puspen TNI)

Usai dikerjakan, warga bersama Satgas Pamtas melakukan doa bersama sekaligus meresmikan Pos Kamling ini pada Minggu (29/9). Warga Kampung Yanggandur yang diwakili Kepala Kampung Gregorius Mbanggu berterima kasih dan mengapresiasi pembangunan Pos Kamling ini.

“Keberadaan Pos Kamling ini tentu diharapkan dapat mendukung penjagaan keamanan di lingkungan kami. Sekaligus, juga menjadi wadah untuk silaturahim warga dengan personel Satgas Pamtas,” ujar Gregorius.

Terpisah, Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 411/Pandawa, Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya melalui Perwira Penerangan Satgas Kapten Chk Agung Priyadi menambahkan, Satgas pimpinannya juga berencana membuat gapura pintu masuk pelintas batas di Patok MM 13.2 serta membuat tiang bendera di perbatasan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Fauzi Iyabu
fauzi

Fauzi

Writer
Fauzi Iyabu

Fauzi Iyabu

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU