PNS Libur Jumat? Bisa Timbulkan Persaingan dengan Freelancer Nih
Ilustrasi PNS. (ANTARA/Humas Setdako Banda Aceh)
News

PNS Libur Jumat? Bisa Timbulkan Persaingan dengan Freelancer Nih

Libur jumat akan diberlakukan pada 2020

Rabu, 04 Desember 2019 14:10 WIB 04 Desember 2019, 14:10 WIB

INDOZONE.ID - Sahabat Indozone sudah tahu belum kalau Pemerintah melalui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tengah mengolah skema jam kerja bagi pegawai sipil negara (ASN). 

Mulai 2020 sejumlah PNS bisa libur pada hari Jumat. Akan tetapi, libur hari Jumat hanya bisa didapat PNS yang berprestasi alias bekerja keras.

Melihat rencana tersebut, mantan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono mengatakan jika hari Jumat diberlakukan libur maka akan ada potensi persaingan antara PNS dengan para pekerja lepas alias freelancer.

"Kalau ada faktor lain sebuah kajian latar belakangnya adalah efisiensi, ya PNS libur saja digaji, apakah nyuruh nyari kerjaan lain? nanti bersaing dengan para pekerja lepas sama pengangguran. Kalau tujuannya beribadah, hari Jumat itu memang orang sudah pada ibadah," ungkapnya ke Indozone, Rabu (4/12).

Meskipun pada dasarnya ia menolak soal wacana ini, tapi Sumarsono mempersilahkan kajian ini dilakukan tetapi dengan pertimbangan kondisi yang realistis. Diakuinya akhir-akhir ini banyak ide yang menurutnya tidak masuk akal.

"Saya menghargai sebuah kajian, mudah-mudah menemukan yang tepat. Beberapa bulan banyak ide-ide aneh. Mending fokus menghadapi masa depan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Richardo
Nani Suherni
Richardo

Richardo

Writer
Nani Suherni

Nani Suherni

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU