Hadirkan Kesetaraan, Anies Ingin Pembangunan di Kepulauan dan Daratan tidak Timpang

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:42 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berada di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. (ANTARA/Abdu Faisal)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berada di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. (ANTARA/Abdu Faisal)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri Seminar tentang Pemantapan Konsep Daerah Provinsi yang Berciri Kepulauan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya, Anies menjelaskan bahwa tema Pemantapan Daerah Provinsi yang Berciri Kepulauan merupakan satu isu yang penting sekali untuk dijadikan sebagai bahan dalam pengambilan kebijakan. Untuk itu, ia membagikan pengalaman di Jakarta, yakni pembangunan di Kepulauan Seribu.

“Kami mencoba untuk bisa menghadirkan kesetaraan kesempatan bagi Jakarta di Kepulauan dan Daratan. Dengan menyiapkan secara serius infrastruktur dasar agar warga yang tinggal di kepulauan dan daratan tidak merasakan ketimpangan,” ucap Anies dalam keterangannya, Kamis (4/8/2022).

Anies menyebutkan, Pemprov DKI memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar seperti akses air bersih. Seperti diketahui, di Kepulauan Seribu telah dioperasikan teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang mengubah air laut menjadi air bersih untuk kegiatan warga.

“Kami di Jakarta meminta BUMD Pasar Jaya memiliki pusat grosir di salah satu pulau. Sehingga warung-warung di Kepulauan Seribu mau kulakan tidak harus pergi ke daratan, tapi mereka kulakan dari salah satu pulau disitu. Dengan demikian langsung biaya hidup mereka turun,” paparnya.

“Terkait transportasi biayanya tinggi kita ambil contoh Pulau Sebira. Sebelumnya kapal ke sana butuh waktu 8 jam dan hanya 2 kali seminggu. Lalu pada 2018 kita beli kapal khusus yang bisa dari Marina ke Sebira 2,5 jam dan beroperasi tiap hari. Dan langsung Sebira berubah dengan padatnya interaksi ekonomi, bahkan sekarang tuntutan mereka adalah minta ATM,” tambah Anies.

Orang nomor satu di Jakarta ini pun menegaskan bahwa pembangunan di kepulauan memerlukan keseriusan terutama alokasi anggaran. Meskipun jumlah penduduk di kepulauan lebih sedikit daripada di daratan.

“Ini adalah tentang keseriusan kita mengalokasikan anggaran, dan komitmen ini harus dilakukan. Karena kalau kita di Jakarta sebagai Ibu Kota yang punya kepulauan, dan ini diperhatikan maju berkembang,” ungkapnya.

“Maka akan mengirimkan pesan bahwa kepulauan lainnya optimis bisa maju juga. Dan di sinilah prinsip republik ini didirikan, yakni menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya,” tandas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X