Gelar Tactical Floor Game, Korlantas Polri Matangkan Penanganan Arus Mudik Lebaran 2023

- Rabu, 5 April 2023 | 17:01 WIB
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar tactical floor game (TFG) terkait pola penanganan lalu lintas saat lebaran tahun 2023 mendatang. TFG ini dilakukan Korlantas bersama dengan pihak terkait yang menangani arus mudik lebaran.

Pelaksanaan TFG digelar di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2023). TFG diikuti oleh Polda jajaran, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

"Hari ini kami bersama seluruh stakeholder dan para pelaksana langsung di lapangan, hari ini melaksanakan kegiatan tactical floor game untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan, cara-cara bertindak, lokasi-lokasi yang penuh atensi dan informasi-informasi baru tentunya yang bisa kita tampung, kita terima, yang bisa kita siapkan untuk nantinya akan ada latihan pra operasi," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi kepada wartawan di Korlantas Polri, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga: Rentan Kecelakaan, Polri Imbau Warga Tidak Mudik Lebaran Naik Motor

-
Ilustrasi mudik (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

TFG sendiri merupakan taktik militer yang digunakan untuk berkoordinasi terkait peran-peran setiap unsur. Dalam TFG kali ini, sejumlah Polda maupun Satlantas Polres jajaran dipanggil untuk membeberkan skema di wilayahnya saat Operasi Ketupat dimulai.

"Peserta hari ini Lampung, Banten, Metro, Jabar, Jateng ini yang utama karena Jatim Insyaallah mulai cair karena destinasi ke Jateng juga banyak. Jatim mungkin aglomerasi yang agak tinggi," papar Irjen Firman.

Baca Juga: Ada 123 Juta Orang yang Pulang Kampung, Polri Prediksi Puncak Arus Mudik 18-21 April 2023

Dalam TFG, dibeberkan pola-pola pemecah penumpukan kendaraan di lokasi-lokasi tertentu saat volume kendaraan mulai meningkat di musim libur lebaran. Korlantas juga belajar dari pengalaman sebelumnya terkait puncak arus mudik.

"Belajar pengalaman tahun lalu ketika kami mencoba menerapkan one way sampai jam 24.00, ternyata masyarakat naik puncaknya pada pasca shalat tarawih sampai menjelang subuh," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X