Hasto Kristiyanto Sebut Capres PDIP akan Diumumkan Megawati di Momentum Tepat

- Jumat, 21 April 2023 | 08:01 WIB
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto meminta seluruh anggota dan kader PDIP bijak dalam menyikapi berbagai isu capres dan cawapres yang menjadi dinamika politik nasional.

Hasto juga meminta, semua kader harus menyiapkan diri, baik secara ideologis maupun struktural. Sebab, kata dia, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bisa menemukan momentum tepat, untuk mengumumkan calon definitif yang diusung partai.

“Kami tegaskan kembali, bahwa keputusan capres PDI Perjuangan akan diumumkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat.” kata Hasto kepada wartawan, Jumat (21/4/2023).

Momentum Bisa Kapan Saja

-
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)

Baca Juga: Jika PDIP Usung Ganjar, Diprediksi Banyak Partai Lain akan Merapat untuk Berkoalisi

Menurut Hasto, momentum tepat bisa kapan saja, serta keputusan yang akan diambil telah melewati berbagai pertimbangan. Adapun pertimbangan itu, antara lain dinamika dunia maupun nasional (world view, national view, dan society view).

Kemudian, pertimbangan berbagai kriteria kepemimpinan diikuti dengan refleksi dan doa, berkomunikasi transendental dengan Yang Maha Kuasa.

Hasto menegaskan,  PDIP  melihat banyak momentum historis dan -waktu ideologis yang sangat penting bagi masa depan.

“Di bulan Mei misalnya, pada 20 Mei misalnya, tidak hanya ditetapkan oleh Bung Karno sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Pada tanggal 20 Mei 1965, Bung Karno mendirikan Lemhannas. Lembaga strategis tersebut berfungsi untuk menjadi Kawah Candradimuka para pemimpin. Baik sipil, militer, kelompok fungsional progesional, pusat, daerah dan semua diblended menjadi calon pemimpin dengan kesadaran geopolitik. Ini salah satu contoh momen historis yang ada,” tutur Hasto.

Kemudian, lanjut Hasto, Juni sebagai bulan Bung Karno juga sangat penting. Pancasila terbukti menjadi alat pemersatu bangsa karena melekatnya falsafah, dasar, tujuan, dan the way of life bangsa.

Hasto menambahkan, Agustus merupakan bulan dengan nilai-nilai perjuangan, patriotisme, dan socio nasionalisme. Sebab, di bulan inilah, Proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno dan Mohammad Hatta diumumkan ke dunia.

“Karena itulah, DPP Partai agar selalu siap sedia tunggu komando yang ada. Selalu dalam kondisi siap, berarti selalu berada di tengah rakyat, untuk menggalang kekuatan rakyat,” ujar Hasto.

Baca Juga: SMRC: PDIP Berpeluang Jadi Pimpinan Koalisi Besar Apabila Calonkan Ganjar

“Maka itu, kita lebih baik turun ke bawah membantu rakyat daripada sekedar berwacana. Politik PDI Perjuangan adalah membumi bersama rakyat,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X