Bantah Busnya Mangkrak, TransJakarta Operasikan 3 Rute Baru

- Selasa, 27 Desember 2022 | 08:58 WIB
Bus Transjakarta di Kantor Pusat Transjakarta, Cawang, Jakarta. (ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan)
Bus Transjakarta di Kantor Pusat Transjakarta, Cawang, Jakarta. (ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan)

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) membantah adanya bus yang mangkrak, melainkan dioperasikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Sekali lagi, tidak ada bus yang mangkrak. Kami mengoperasikan semua bus sesuai kebutuhan di lapangan," ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor saat di konfrimasi, Selasa (27/12/2022).

Menurutnya, tidak mungkin bila seluruh bus TransJakarta dioperasikan sekaligus. Sehingga diperlukan bus cadangan untuk mengantisipasi.

"Tidak mungkin kita operasikan sekaligus, harus ada yang dicadangkan untuk antisipasi dan perawatan," sambung Anang.

Baca Juga: Puluhan Bus Transjakarta Disebut Mangkrak, Dishub DKI Jakarta Beri Klarifikasi

Anang menyampaikan, seluruh armada Transjakarta beroperasi sesuai dengan jadwal. Sehingga pengoperasian bus dilakukan secara bergantian. 

"Jadi tidak benar jika ada bus yang terbengkalai. Kita operasikan secara bergantian," tambah Anang.

Anang juga menuturkan, TransJakarta mengoperasikan 3 rute baru dengan menggunakan bus tipe low entry.

Tiga rute baru yang dioperasikan TransJakarta yakni Blok M - Universitas Indonesia (9H), Pasar Minggu - Velbak (6T) dan Terminal Pulogadung - Lampiri (JAK 99). 

"Ketiga rute tersebut efektif melayani masyarakat mulai hari Senin 26 Desember," sambung Anang.

Ia menyatakan, pembukaan rute baru sudah dalam perencanaan untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pelanggan di rute 9H dan 6T.

"Sebagai tambahan, hingga Desember 2022, Transjakarta beroperasi di 219 rute, dengan reaktivasi sebanyak 42 rute dan pembukaan rute baru mencapai 16," pungkas Anang.

Sebelumnya pengamat transportasi, Azas Tigor Nainggolan menyatakan terdapat 60 unit bus TransJakarta mangkrak berjenis Low Entry dengan merk Mercedes Benz dan Scania yang berada di Pinang Ranti, Jakarta Timur.

"Pagi tadi saya mendapatkan pengaduan, beserta data dan beberapa foto kondisi puluhan bus Transjakarta yang mangkrak di pool Transjakarta Pinang Ranti tersebut," ujar Azaz saat dikonfrimasi, Kamis (15/12/2022).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X