Bantu Gerakan Ekonomi Lokal, Ganjar Milenial Center Lakukan Hal Ini

- Minggu, 21 Mei 2023 | 02:47 WIB
GMC bantu perekonomian masyarakat. (Ist)
GMC bantu perekonomian masyarakat. (Ist)

Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Barat terus berupaya memperkuat perekonomian masyarakat, salah satunya menggerakan 'Warung Gotong Royong' di Jalan Jatiwangi 7 No. 28, Kel. Antapani Tengah Kec. Antapani, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Koordinator GMC Jawa Barat, Muhammad Hamdan Saifullah (27) mengatakan dalam upaya menggerakkan ekonomi lokal, GMC bekerja sama dengan komunitas Gotong Royong Kota Bandung untuk membantu warung milik seorang warga bernama Iyan Wardian (83). 

"Kita meresmikan warung milik warga yang kemudian kita bantu (tambahan) permodalan, pembelajaran soal pembukuan, administrasi warung, kita bantu pemasaran, kita ajak teman-teman buat nongkrong," kata Hamdan dalam siaran persnya, Sabtu (20/5/2023).

Hamdan menuturkan, selain warung ini menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau, warung ini juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi penduduk setempat. 

Baca Juga: Ganjar Disambut Meriah Sultan-sultan hingga Tokoh Agama saat di Palembang

Dengan adanya peluang usaha ini, Hamdan berharap dapat meningkatkan nilai ekonomi pemilik warung. Kedepannya, warung ini akan dibuatkan perpustakaan, sejumlah kegiatan positif hingga musik sesi.

"Bagaimana pemilik warung bisa mendapatkan keuntungan lebih, pemilik warung tahu bagaimana cara pengembangan warung supaya berkembang atau punya cabang, omsetnya naik, ataupun punya produk sendiri, nanti kami bakal arahkan warung ini ke arah sana," tutur Hamdan. 

Menurut dia, GMC menargetkan sekitar 200 warung binaan yang tersebar di seluruh kab/kota di Jawa Barat. Harapannya warung kelontongan atau binaan GMC nanti dapat menjadi pusat ekonomi yang aktif, mendukung kemandirian ekonomi masyarakat, serta menjadi model bagi inisiatif serupa di daerah lain.

-
Bacapres, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)

"Di akhir tahun kami targetkan punya 100 sampai 200 warung Gotong Royong, yang kemudian bisa kami jadikan koperasi," ucapnya. 

Sementara, Koordinator Komunitas Gotong Royong Bandung, Agung Mulyana (26) mengaku senang dengan kolaborasi yang dilakukan dengan GMC Jawa Barat. 

Keberhasilan meresmikan warung Gotong Royong ini menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan kolaborasi yang kuat antara GMC, komunitas, dan masyarakat.

Baca Juga: Tiba di Bandara Palembang, Ganjar Diteriaki ‘Selamat Datang Presiden’

"Alhamdulillah, anak-anak bisa ngumpul untuk meramaikan (membeli) di warunganya Pak Iyan. Semoga GMC semakin maju," ucap Agung. 

Pemilik warung, Iyan Wardian (83), mengaku bahagia karena ada GMC yang membantu agar warungnya lebih maju. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X