Viral Mario Dandy Lepas Pasang Borgol Sendiri, Ini Penjelasan Polda Metro Jaya

- Sabtu, 27 Mei 2023 | 08:47 WIB
Wajah santai Mario Dandy saat dilimpahkan polisi ke Kejati DKI di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Wajah santai Mario Dandy saat dilimpahkan polisi ke Kejati DKI di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Polda Metro Jaya memberikan penjelasan ihwal viralnya video memperlihatkan Mario Dandy Satrio, yang dengan santai dan leluasa melepas pasang borgol berbentuk kabel ties di tangannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut, video tersebut sudah melalui proses editing.

Baca juga: Viral Video Mario Dandy Lepas Pasang Borgol Sendiri dengan Santai

"Video tersebut menggambarkan dua peristiwa yang melalui proses editing digabungkan menjadi satu frame dengan menambahkan teks dan back sound effeck sehingga menimbulkan persepsi negatif,"kata Kombes Pol Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (27/5/2023).

Trunoyudo sendiri tidak menampik jika video tersebut diambil saat Mario masih berada di lingkungan Mapolda Metro Jaya. Saat itu, Mario sedang dalam proses administrasi penyerahan ke jaksa. Mario juga kala itu dalam pengawasan penyidik Polda Metro Jaya.

"Peristiwa tersebut pada faktanya masih bertempat di dalam kawasan Rutan Polda Metro Jaya dan di bawah pengawasan penyidik dan Ditahti saat pengurusan administrasi penyerahan tersangka dari Ditahti ke penyidik," katanya.

"Namun, dalam video, MDS dengan sendirinya tiba-tiba menggunakan kabel ties pada saat mengetahui adanya kamera," lanjutnya.

-
Cuplikan video viral Mario Dandy lepas borgol (Instagram/fakta.indo)

Lebih jauh Trunoyudo mengungkap fakta sebenarnya yang terjadi saatitu. Setelah proses administrasi dilakukan, Mario tetap diperlakukan sesuai SOP yakni diborgol dan dipakaikan baju tahanan.

"Fakta sesungguhnya pasca administrasi selesai, penyidik secara SOP memakaikan baju tahanan berwarna orange dan memasangkan kabel ties kepada tersangka," imbuhnya.

"Selanjutnya penyidik baru bisa membawa tersangka keluar dari Rutan Polda MetronJaya ke Gedung Bid Dokkes untuk dilakukan tes kesehatan akhit sebelum pelimpahan ke Kejari Jaksel," paparnya.

Baca juga: 12 Jaksa Disiapkan untuk Sidang Mario Dandy, Ada yang Pernah Tangani Kasus Ferdy Sambo

Sebelumnya, media sosial sempat dibuat heboh dengan adanya video viral menampilkan momen Mario Dandy dengan santai melepas pasang borgol di tanganya. Dalam video tersebut, terlihat Mario juga tidak mengenakan baju tahanan.

Masih dalam video itu, terlihat posisi Mario yang sudah berpakaian tahanan dan tangan diborgol. Viralnya video tersebut membuat banyaknya komentar dari netizen.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X