Momen Pedagang Pasar Gede Tes Hafalan Pancasila, Ada yang Grogi dan Panik!

- Kamis, 2 Juni 2022 | 10:59 WIB
Pedagang Pasar Gedhe dapat hadiah dari tes hafalan Pancasila (Is Ariyanto/IDZ Creators)
Pedagang Pasar Gedhe dapat hadiah dari tes hafalan Pancasila (Is Ariyanto/IDZ Creators)

Memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, sejumlah pedagang Pasar Gede Solo, pengemudi becak, petugas parkir, kuli gendong dan pengunjung satu persatu ‘ditodong’ mengucapkan lima sila dari Pancasila secara urut di depan pintu masuk Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.

Tetapi karena faktor usia dan gugup dilihat banyak orang, enggak semua peserta hafal lima sila Pancasila. Banyak peserta yang akhirnya dibantu pedagang lainnya, kompak menyelesaikan hafalan sila Pancasila dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

-
Pedagang Pasar Gede dapat hadiah uang tunai (Is Ariyanto/IDZ Creators)

Buat yang hafal langsung mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp100 ribu dan bonus selendang lurik dari Badan Kesbangpol Provinsi Jateng dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Solo.

-
Tes hafalan Pancasila di Pasar Gede Solo (Is Ariyanto/IDZ Creators)

Aksi tes hafalan sila Pancasila tersebut digelar oleh Badan Kesbangpol Provinsi Jateng Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Solo, untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila, Rabu (1/6/2022) kemarin.

“Peringatan Hari Pancasila di pasar, biar Pancasila lebih membumi dan warga pasar mengenal, hafal, tahu dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Mayor Haristanto, anggota Kagama, kepada Tim IDZ Creators, Is Ariyanto.

Sementara perwakilan Badan Kesbangpol Provinsi Jateng, Aris Munandar berharap kegiatan tersebut dapat mempererat persatuan dan kesatuan.

“Dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” tutup Aris.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X