The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gunung Semeru Erupsi Lagi Pagi Ini, Keluarkan Abu Setinggi 400 Meter
Gunung Semeru. (Dok PVMBG).
News

Gunung Semeru Erupsi Lagi Pagi Ini, Keluarkan Abu Setinggi 400 Meter

Selasa, 06 Desember 2022 10:12 WIB 06 Desember 2022, 10:12 WIB

INDOZONE.ID - Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pada pagi hari ini, Selasa (6/12/2022). Tercatat Gunung Semeru mengeluarkan abu vulkanik sejauh kurang lebih 400 meter di atas puncak Gunung yang tingginya 4.076.

"Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Selasa, 06 Desember 2022, pukul 05:02 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 400 m di atas puncak (4076 m di atas permukaan laut)," begitu bunyi keterangan sebagaimana dari laman Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Waspada! Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas Guguran

Dikatakan PVMBG, kolom abu yang keluar dari Gunung Semeru teramat berwarna putih hingga kelabu. Untuk intensitas, terlihat sedang hingga tebal yang mengarah ke arah selatan dan barat daya.

"Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 73 detik," jelas PVMBG.

Semeru
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto (kanan) meninjau desa yang terdampak abu vulkanik dari awan panas guguran Gunung Semeru. (ANTARA/Umarul Faruq)

Baca Juga: PVMBG Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Sebabkan Gelombang Tsunami, Ini Penjelasannya!

Lebih lanjut atas adanya erupsi Gunung Semeru yang mengeluarkan abu vulkanik, maka PVMBG mengimbau agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi). 

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai atau sempadan sungai  di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 19 km dari puncak.

Kedua, kata PVMBG, tidak beraktivitas dalam radius 8 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar). 

"Ketiga mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," imbau PVMBG.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Harits tryan akhmad
JOIN US
JOIN US