Sambut Baik Ajakan Airlangga Gabung KIB, AHY: Peta Politik Masih Dinamis

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 10:32 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambut baik ajakan ketum Golkar Airlangga Hartarto untuk bergabung ke poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Semua kita anggap baik, semua adalah upaya untuk meniti perjalanan ke depan. saya anggap baik semuanya itu,” kata AHY seusai menghadiri HUT ke-58 Golkar di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, (21/10/2022) malam.

AHY menilai, ajakan berkoalisi Airlangga yang disampaikan saat berpidato di HUT Golkar menandakan peta politik menjelang Pilpres 2024 masih dinamis. 

“Artinya politik di tanah air ini masih sangat dinamis, tentu juga semakin menghangat ketika berbicara potensi koalisi,” ungkapnya.

Baca Juga: Siap Lanjutkan Pembangunan, Ketum Golkar Perkenalkan PATEN pada Presiden Jokowi

Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini berpandangan, menjelang tahun 2023 komunikasi partai-partai politik bakal semakin terbentuk. Kendati demikian, kata dia, kemungkinan penjajakan koalisi masih sangat terbuka. 

“Yang jelas Demokrat juga ingin berkomunikasi dengan siapapun, kami menghormati Golkar dan juga KIB yang sudah terbangun sebelumnya, komunikasi kami juga cukup baik dengan semua, kami sendiri berkomunikasi yang intensif dengan partai-partai yang ada, sama NasDem dan PKS,” tutur AHY.

Lebih lanjut, diungkapkan AHY, segala kemungkinan bisa terjadi dalam dunia politik, termasuk soal koalisi. Sebab, adanya presidential threshold 20 persen membuat partai politik harus kerja keras untuk dapat memenuhi ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden. 

“Tetapi Demokrat punya optimisme Insha Allah itu akan terbentuk dan pada akhirnya juga bisa disampaikan kepada rakyat,” tandas AHY.

Baca Juga: Analogikan Capres dengan Pilot, Presiden Jokowi: Jangan Sembarangan Tentukan Calon Pilot

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato mengatakan, poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN dan PPP sudah memiliki tiket untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden, pada Pemilu 2024 mendatang.

Airlangga menyebut, jika dianalogikan dengan tiket pertandingan sepakbola. Tiket yang dikantongi KIB adalah tiket kelas premium. 

“Partai Golkar bersama dengan PAN dan PPP sudah punya tiket Pak Presiden, untuk mencalonkan presiden dan wakil presiden untuk 2024. Tiketnya kalau nonton bola, tiket premium Pak Presiden,” kata Airlangga dalam pidatonya di Puncak HUT Ke-58 Partai Golkar, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022).

Airlangga menjelaskan, adapun arti dari analogi tiket premium, yakni bahwa poros KIB telah memiliki modal presidential threshold di atas ambang batas minimal 20 persen. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X