Polisi Ungkap Wanita yang Tanamkan Doktrin 'Jihad' dan 'Mati Syahid' Pelaku Bom Makassar

- Selasa, 30 Maret 2021 | 16:50 WIB
Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Humas Polri, Jakarta. (Antara)
Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Humas Polri, Jakarta. (Antara)

Mabes Polri mengungkapkan peran tiga orang wanita yang baru di tangkap terkait dengan aksi teroris bom bunuh diri di depan gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan.

Masing-masing yang ditangkap polisi berinisial MM, M dan MAN.

Ketiganya memiliki peran yang berbeda, terkhusus MM yang tugasnya untuk memberikan motivasi terhadap dua pelaku Lukman dan istrinya, Yogi Sahfitri Fortuna.

Keduanya didoktrin untuk melakukan teror dengan iming-iming surga karena dianggap 'jihad' dan mati syahid.

Tim Detaseman Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri ketiga terduga teroris itu di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, ketiganya merupakan perempuan.

"Perkembangan pascabom bunuh diri di Makassar, bertambah tiga tersangka, ketiganya adalah perempuan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Humas Polri, Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Ramadhan menyebutkan, ketiga perempuan tersebut berinisial MM, M dan MAN.

Ketiganya memiliki keterkaitan dengan pasangan suami istri Lukman (L) dan YSF atau Dewi (D), pelaku bom bunuh diri di gerbang depan Gereja Katedral Kota Makassar pada Minggu (28/3).

-
Pasutri pelaku bom makassar saat melancarkan aksinya. (Ist)

 

Terduga MM peran-nya mengetahui persis perencanaan "amaliyah" Lukman dan Dewi dan memberikan motivasi terhadap kedua pasangan suami istri tersebut.

"MM mendapat motivasi 'jihad' dan 'sahid' dari terduga SAS yang sudah ditangkap beberapa hari sebelumnya dan bersama sama sudah ikut pembaiatan," ungkap Ramadhan seperti yang dilansri dari Antara.

Selanjutnya terduga M merupakan kakak ipar dari SAS yang mengetahui soal kegiatan kajian di Vila Mutiara.

Sedangkan terduga MAN, berperan melihat Lukman alias L saat terakhir menggunakan sepeda motor berangkat menuju tempat lokasi rencana bunuh diri, dan juga mengikuti kajian bersama SAS.

-
Sosok Lukman pelaku bom Makassar. (Ist)

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X