Mengerikan, Tanah Bergeser di Tasikmalaya, Sekolah dan 3 Rumah Ambruk

- Selasa, 9 Februari 2021 | 20:00 WIB
Bangunan Sekolah Dasar roboh akibat pergeseran tanah (Istimewa)
Bangunan Sekolah Dasar roboh akibat pergeseran tanah (Istimewa)

Sebuah gedung sekolah dasar (SD) di Desa Singajaya, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ambruk karena terjadinya pergerakan tanah. Peristiwa ambruknya bangunan sekolah itu terjadi pada Selasa (9/2/2021).

Diketahui sebelumnya, fenomena pergeseran tanah tersebut sudah terjadi sebelumnya pada Selasa (4/2/2021). Saat itu, bangunan SD tersebut mengalami retak di bagian dindingnya dan puncaknya terjadi hari ini dimana seluruh bangunan ambruk jatuh ke tanah.

Selain bangunan sekolah, juga terdapat tiga bangunan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat pergeseran tanah tersebut.

Tidak hanya itu, peristiwa ini juga membuat ruas jalan di Cibalong dan Parungponteng amblas hingga merusak setidaknya empat kolam ikan milik warga.

Selanjutnya, warga yang rumahnya mengalami kerusakan telah mengungsi ke tempat yang lebih aman di rumah kerabat mereka.

Diketahui, berdasarkan informasi BPBD, Kecamatan Cibolang termasuk dalam kawasan yang rawan mengalami pergeseran tanah dan longsor. Untuk itu BPBD kaupaten Tasikmalaya menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati mengingat kawasan tersebut adalah area rawan kemungkinan terjadinya peristiwa serupa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X