The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penderitaan Penyitas Covid-19 Usai Sembuh, Rambut Rontok Parah, Bahkan Sulit Berjalan
Zhang sebelum dan sesudah sembuh dari Covid-19, kehilangan banyak rambutnya. (Foto/The Star)
News

Penderitaan Penyitas Covid-19 Usai Sembuh, Rambut Rontok Parah, Bahkan Sulit Berjalan

Rabu, 10 Februari 2021 14:25 WIB 10 Februari 2021, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Seorang korban Covid-19 yang tidak sadarkan diri selama 17 hari, bersyukur atas kesempatan kedua setelah sembuh dari virus mematikan tersebut.

Zhang Hui Yun yang dari Kuching, Malaysia mengatakan anggota keluarganya memberi tahu dia bahwa dirawat di rumah sakit selama lima minggu dan tidak sadarkan diri di unit perawatan intensif (ICU) selama 17 hari.

Baik Zhang maupun adik perempuannya Hui Xian dinyatakan positif Covid-19 pada April tahun lalu.

“Ini kesempatan kedua saya untuk hidup. Saya tidak ingin mengulangi pengalaman ini lagi,” katanya lapor MySinchew, portal berbahasa Inggris dari Sin Chew Daily.

Tragisnya, adik perempuannya meninggal dunia saat tinggal di ICU.

Zhang mengatakan dia tidak tahu bagaimana dia tertular virus Covid-19, yang telah menewaskan lebih dari dua juta orang di seluruh dunia.

Dia memiliki riwayat medis penyakit gastroesophageal reflux dan berpikir bahwa dia baru saja kambuh sampai dia pingsan dan segera dilarikan ke rumah sakit.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi di rumah sakit karena saya tidak dapat mengingat apapun,” katanya seperti yang dikutip dari The Star.

Berbagi pengalamannya yang mengerikan, katanya, dia harus bergantung hidup pada ventilator dan selang makanan tanpa ada satu pun anggota keluarga di sisinya, dan hanya dengan dukungan staf medis.

Dia kemudian dipindahkan ke bangsal normal setelah kondisinya membaik tetapi sayangnya dia tidak bisa lagi makan sendiri begitu juga saat menjangkau minuman pun begitu sulit untuknya.

Zhang mengatakan bahwa Covid-19 telah meninggalkan banyak efek samping negatif baginya, termasuk rambut rontok yang parah.

Dia bilang dia dulu memiliki rambut lurus panjang tetapi sekarang kehilangan rambut setiap kali dia mandi.

Begitu juga saat ini dia perlahan belajar berjalan lagi.

Dia juga mengaku bisa cepat kelelahan hanya untuk mengambil langkah kecil menaiki tangga.

Bahkan selama masa pemulihannya di rumah sakit, dia sampai tidak bisa melepaskan tangan staf medis hanya untuk meminta mereka tidak meninggalkannya karena dia tidak memiliki keluarganya di sisinya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US