Presiden Brasil, Bolsonaro Ancam Hengkang dari WHO

- Sabtu, 6 Juni 2020 | 15:04 WIB
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (REUTERS/Adriano Machado)
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (REUTERS/Adriano Machado)

Presiden Jair Bolsonaro mengancam akan menarik Brasil dari keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setelah badan PBB itu memperingatkan pemerintah-pemerintah atas risiko mencabut karantina wilayah.

"Saya memberitahu Anda sekarang, Amerika Serikat meninggalkan WHO, dan kita sedang mempelajari itu, di masa mendatang. Entah WHO bekerja tanpa bias ideologis, atau kita keluar juga," kata Bolsonaro dilansir dari AFP, Sabtu (6/6/2020).

Bolsonaro tampaknya akan mengikuti langkah Trump yang mengkritik WHO habis-habisan karena penanganan virus Corona (COVID-19) yang dilakukan oleh organiasasi tersebut.

Meski angka kasus COVID-19 masih tinggi, namun Bolsonaro terus berargumen untuk mencabut karantina wilayah, seraya berpendapat bahwa ongkos ekonomi mereka melampaui risiko kesehatan masyarakat.

Halaman depan koran Brasil Folha de S. Paulo sempat memberitakan bahwa Bolsonaro telah menganggap Corona sebagai "flu sepele".

Sejauh ini, kasus terkonfirmasi di Brasil melonjak melewati angka 600.000 dan 1.437 kematian tercatat dalam 24 jam. Dengan lebih dari 34.000 nyawa melayang, pandemi itu membunuh lebih banyak orang di Brasil daripada negara mana pun di luar Amerika Serikat dan Inggris.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X